Google Chrome Berikan Dua Fitur Baru, Bisa Bikin Awet Baterai !

Google Chrome Berikan Dua Fitur Baru, Bisa Bikin Awet Baterai !
Liputan6.com
Editor: Malda Teras Techno —Kamis, 23 Februari 2023 11:21 WIB

Terasjabar.id -- Aplikasi Google Chrome semua versi (Windows, MacOS, dan ChromeOS) mendapat pembaruan berupa fitur hemat baterai dan RAM.
Kedua fitur yang aktif secara default ini pertama kali diumumkan pada Desember lalu. Dikutip dari Engadget, pengguna dapat mematikan kedua fitur ini pada bagian Performance di Pengaturan Chrome.

Memory saver atau penghemat memori bekerja dengan menempatkan tab yang tidak aktif dalam posisi "beku" untuk membebaskan RAM agar dapat digunakan halaman dan aplikasi lain. Saat pengguna mengeklik tab yang dibekukan, pengguna akan dapat melanjutkan dari aktivitas terakhir yang ditinggalkan.

"Mode Penghemat Memori membebaskan memori dari tab yang saat ini tidak Anda gunakan sehingga situs web aktif yang Anda jelajahi memiliki pengalaman semulus mungkin. Ini sangat berguna jika Anda menjalankan aplikasi intensif lainnya, seperti mengedit video keluarga atau bermain game. Setiap tab yang tidak aktif akan dimuat ulang saat Anda membutuhkannya," tulis Google do laman blognya.

Lebih lanjut, tab yang sedang tidak digunakan akan memiliki ikon speedometer di bilah alamat situs untuk menunjukkan tab sedang dibekukan. Pengguna juga bisa mengecualikan sejumlah situs agar tidak dibekukan oleh fitur Memory Saver.

Google mengklaim fitur ini mengurangi penggunaan memori Chrome hingga 30 persen.

Sementara itu, fitur battery saver atau penghemat energi dapat membatasi aktivitas latar belakang, frame rate video, dan efek animasi saat pengguna menggunakan Chrome. Dampaknya, konsumsi baterai laptop atau Chromebook bisa turun hingga 20 persen.

Saat penghemat energi aktif, pengguna akan melihat ikon daun di sebelah bilah alamat. Selain itu, efek visual yang muncul selama browsing tampak lebih sedikit di tab yang digunakan.

"Dengan rilis terbaru Chrome di desktop, kami memperkenalkan dua setelan kinerja baru sehingga Chrome menggunakan memori hingga 40 persen dan 10 GB lebih sedikit agar tab Anda tetap berjalan lancar, dan memperpanjang baterai Anda saat hampir habis," klaim Google.

Baca artikel CNN Indonesia "Google Luncurkan 2 Fitur Baru untuk Chrome, Apa Itu?" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230223085052-185-916761/google-luncurkan-2-fitur-baru-untuk-chrome-apa-itu.

Google Chrome Viral Awet Baterai Aplikasi RAM Memori Search engine


Loading...