Cakrawala Basa Sunda IV Hidupkan Dan Lestarikan Bahasa Sunda

Cakrawala Basa Sunda IV Hidupkan Dan Lestarikan Bahasa Sunda
Editor: Malda Teras Kuningan —Rabu, 22 Februari 2023 09:16 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan Perda No. 14 tahun 2014, sebagai revisi Perda No. 5 tahun 2003 yang berisi tentang pemeliharaan bahasa, sastra dan aksara daerah. Demi mendukung maksud dan tujuan perda tersebut, didalam pasal 5a tercantum di antaranya adalah menyelenggarakan pelatihan, penataran, seminar, lokakarya, diskusi, apresiasi dan kegiatan sejenisnya. Maka dari itu, kegiatan sejenis ini merupakan salah satu bentuk kita dalam menghargai bahasa sunda sebagai bahasa kesatuan kita sebagai masyarakat Jawa Barat. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda SH., M.Si, yang menghadiri secara langsung Seminar Kebudayaan pada acara Cakrawala Basa Sunda (CBS) IV, yang memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional sekaligus dalam rangka 12 tahun Milangkala HIMA Dikbastrada (Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah). di Aula Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, Selasa (21/02/2023)

H. M Ridho Dalam sambutanya menyampaikan, bahwa bahasa ibu merupakan bahasa pertama yang kita dengar dan pelajari. Namun seiring dengan berkembangnya waktu dan masuknya budaya asing di indonesia, oleh sebab itu perlu adanya pelestarian bahasa ibu yang dalam hal ini merupakan bahasa sunda sebagai bahasa kesatuan masyarakat Jawa Barat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kuningan.

Gambar

"basa téh cicirén bangsa, leungit basana-ilang bangsana”. Makna dari peribahasa ini mengungkapkan betapa pentingnya bahasa di dalam kehidupan dan kebudayaan suatu bangsa. Kendatipun disebabkan kemajuan zaman dan pengaruh globalisasi kita harus tetap berkeyakinan bahwa warisan budaya ini harus kita teruskan dan gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Diakhir sambutanya Ridho memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada HIMA Dikbastrada STKIP Muhammadiyah yang telah menyelenggarakan acara ini. Dengan adanya acara ini menjadi salah satu bukti bahwa STKIP Muhammadiyah melalui HIMA Dikbastrada peduli terhadap kebudayaan bahasa daerah. Imbuhnya.

Melalui momentum ini mari kita tingkatkan lagi kesadaran kita bersama agar bahasa sunda yang merupakan warisan kebudayaan leluhur kita agar dapat tetap lestari dan eksis sehingga anak cucu kita paham dan tahu bahwa keragaman bahasa di indonesia sangat berwarna.

Gambar

Acara Cakrawala Basa Sunda IV ini ditajuk dengan tema “Hurip Dikbastrada Hirup Sunda, Rumawat Basana Waluya Budayana” yang diselenggarakan oleh HIMA Dikbastrada, turut dihadiri oleh Rektor STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd., Perwakilan DISDIKBUD Kabid Kebudayaan Emup Muplihudin, S.Pd., Anggota DPRD Komisi 1 Kabupaten Kuningan Rani Febriani, S.S., M.Hum., Guru Besar UPI bandung Pakar Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Prof. Dr. Dedi Koswara, M.Hum. beserta para guru bahasa dan sastra daerah se-CIAYUMAJAKUNING.

(H. Aboy)

Cakrawala Basa Sunda Viral CBS Kuningan Wabup Kuningan H M Ridho Suganda


Loading...