Berikut Doa dan Dzikir Sayyidul Istigfar, Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Rajab

Berikut Doa dan Dzikir Sayyidul Istigfar, Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Rajab
Detik.com
Editor: Malda Life Style —Rabu, 25 Januari 2023 10:27 WIB

Terasjabar.id - Rajab termasuk bulan istimewa dalam Islam. Salah satu amalan doa dan dzikir yang bisa dilakukan pada bulan Rajab adalah membaca Sayyidul Istighfar.
Bulan Rajab adalah satu dari empat bulan haram atau bulan yang suci dalam Islam sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW. Dari Abu Barkah RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: "Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharam. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Syakban." (HR Bukhari Muslim)

Kesucian bulan haram telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surah At Taubah ayat 36. Allah SWT berfirman,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa."

Disebutkan dalam Thaharatul Qulub karya Syaikh Abdul Aziz ad-Dirini, rajab sendiri berasal dari kata tarjib yang artinya mengagungkan. Para ulama menjadikan bulan ini sebagai bulan untuk memperbanyak amal saleh, seperti doa dan dzikir.

Salah satu amalan doa dan dzikir bulan Rajab adalah memperbanyak istighfar dan tobat kepada Allah SWT. Dalam Kitab Durrah Al-Nasihin karya Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khubawi disebutkan, Rasulullah SAW bersabda,

"Bertobatlah pada Tuhanmu dan mohon ampun atas dosa-dosamu, dan jauhilah maksiat di bulan haram, yaitu di bulan Rajab."

Imam Bukhari mengeluarkan sebuah hadits dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad, bacaan istighfar yang sarat akan kemuliaan adalah Sayyidul Istighfar. Dikatakan, orang yang membaca Sayyidul Istighfar akan menjadi penghuni surga.

Dari Syaddad bin Aus, Nabi SAW bersabda,

"Penghulu istighfar adalah ... (beliau membaca bacaan Sayyidul Istighfar). Barang siapa membacanya waktu sore lalu ia mati, maka ia akan masuk surga dan apabila membacanya di waktu pagi lalu mati, maka ia akan masuk surga pula." (HR An-Nasa'i dan Ahmad. Al-Albani mengatakan hadits ini shahih)

Bacaan Sayyidul Istighfar Arab, Latin, dan Artinya


اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anna 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika. Mastatha'tu a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu u laka bini' matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta

Artinya:"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau." (HR Bukhari)

Sayyidul Istighfar juga disebut sebagai rajanya doa dan dianjurkan untuk dibaca setiap pagi dan sore. Sebagaimana disebutkan dalam buku Tiket ke Surga: Doa-doa Mustajab karya Abdul Majid dan Isfa'udin.

Baca artikel detikhikmah, "Bacaan Sayyidul Istighfar, Salah Satu Amalan Doa dan Dzikir Bulan Rajab" selengkapnya https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6532919/bacaan-sayyidul-istighfar-salah-satu-amalan-doa-dan-dzikir-bulan-rajab.

Rajab Bulan Rajab Puasa Rajab Viral Islam Niat Puasa Rajab Keistimewaan Buian Rajab Puasa Sunah Doa Sayyidul Istigfar


Loading...