Berikut Beberapa Buah dan Sayur Paling Mudah di Tanam di Rumah

Berikut Beberapa Buah dan Sayur Paling Mudah di Tanam di Rumah
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 24 Januari 2023 15:11 WIB

Terasjabar.id - Awal tahun 2023, banyak orang mendambakan hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi sayuran organik. Nah, wajib banget tahu nih ada loh buah dan sayur mudah ditanam di rumah.

Jadi daripada sibuk bolak-balik ke pasar atau menunggu pesanan lewat e-commerce, bisa loh menanam sayuran dan buah sendiri di rumah untuk dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini 7 buah dan sayur paling mudah ditanam, dan terkenal sebagai tumbuhan untuk konsumsi yang tidak rewel, mengutip World of Buzz, Selasa (14/1/2023).

1. Kangkung

Sayuran satu ini terkenal sebagai yang paling tidak rewel atau tidak butuh perawatan ekstra untuk tumbuh. Ini juga jadi alasan kangkung sangat mudah, karena sayuran ini bisa tumbuh selama berhari-hari tanpa disiram tapi disarankan untuk tetap disiram.

Cara agar sayuran kangkung tumbuh semakin banyak, yaitu dengan memotong sekitar 40 centimeter pucuk kangkung muda, dan menanamnya kembali.

Sering Dijadikan Lalapan, Berikut 4 Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan
Selada. (Shutterstock)

2. Selada

Sayuran yang terkenal sebagai salad menyegarkan kapanpun dan dimanapun ini bisa tumbuh di balkon, ruang berkebun. Jadi tidak perlu bingung menyimpannya di lemari es, cukup menanam disiram teratur di bawah sinar matahari langsung, lalu bisa langsung dikonsumsi dalam waktu 3 hingga 5 bulan.

3. Bawang Putih

Terkenal sebagai salah satu bumbu dapur, bawang putih ini mudah ditanam, hanya dengan menanam satu siung dalam posisi tegak menghadap sinar matahari, dan disarankan sering menyiramnya, saat daunnya menguning maka tanda bisa memanennya.

Ilustrasi bawang putih. (freepik)
Ilustrasi bawang putih. (freepik)

4. Cabai

Penyedap rasa ini hampir harus selalu ada di setiap masakan. Proses menanamnya juga cukup mudah loh, yaitu dimulai dengan menanam biji cabai secara bersama-sama dalam satu pot, lalu setelah tumbuh, bisa ditanam satu per satu dan hanya bibit yang kuat saja agar bisa tumbuh jadi pohon cabai,


5. Rosemary atau Daun Mint

Tanaman satu ini saat di supermarket punya harga yang terbilang mahal, padahal menanamnya cukup mudah loh, yaitu cukup dengan menghindari tanaman dari matahari langsung, dan hindari menyiram secara berlebihan.

Ilustrasi Bunga Rosemary (Unsplash.com/Zé Ferrari Careto)
Ilustrasi Bunga Rosemary (Unsplash.com/Zé Ferrari Careto)

6. Jeruk Nipis

Jeruk purut, jeruk nipis atau jeruk limau memiliki bentuk pohon yang hampir serupa. Untuk bisa berbuah maka dibutuhkan agar mereka tumbuh hingga 20 kaki. Tapi seperti kebanyakan pohon buah, butuh banyak sinar matahari, penyiraman dan pemberian pupuk yang konsisten.

7. Daun Pandan

Tanaman ini umumnya digunakan untuk membuat kudapan agar memiliki aroma yang lebih khas. Cara menanamnya cukup mudah loh, yaitu dengan merendam potongan daun pandang hingga menempel ke air selama beberapa hari agar akar tumbuh. Lalu tanam di pot dengan tanah dan air biarkan bisa mengakses sinar matahari langsung.

Disadur dari Suara.com 

Sayuran Organik Buah Menanam


Loading...