Kena Campak, Hindari Beberapa Makanan Ini Termasuk Susu!

Kena Campak, Hindari Beberapa Makanan Ini Termasuk Susu!
Ilustrasi Olahan Udang (MErdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 24 Januari 2023 14:46 WIB

Terasjabar.id -- TERDAPAT 9 makanan yang dilarang saat terkena penyakit campak karena dapat memperburuk kondisi. Oleh karena itu sebaiknya makanan yang terlarang itu dihindari dulu.

Pantangan penyakit campak perlu diketahui oleh orangtua. Campak merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus paramyxovirus.
campak

Penyakit ini memiliki risiko penularan tinggi dan menjadi penyakit yang menyumbang kematian terbesar di setiap tahunnya.

Saat terkena campak, badan akan terasa lebih lemas, gejala yang ditimbulkan saat terkena campak pada umumnya mata merah dan menjadi sensitif terhadap cahaya, demam, timbul bercak putih pada lidah, dan gejala sepetti mau flu.

Oleh karena itu, ada beberapa pantangan penyakit campak. Pantangan ini harus dihindri agar penyakit tak semakin parah.

1. Susu

Mengurangi minum susu saat anak mengalami campak perlu dilakukan. Lantaran, susu dapat meningkatkan cairan lendir pada saluran pernapasan. Ini dapat menyebabkan sulit bernapas, flu, batuk.

2. Telur

Makanan berikut yang harus dipantang ketika terkena penyakit campak adalah telur. Ini karena telur mengandung zat alergen yang bisa membuat rasa gatal semakin parah.

3. Kacang

Makanan selanjutnya yang harus dihindari saat terkena penyakit campak adalah kacang. Sama seperti telur, kacang juga mengandung alergen yang membuat rasa gatal menjadi-jadi.

4. Susu kedelai

Susu kedelai terbuat dari kacang, yang mengandung zat alergen. Jadi jangan coba-coba untuk mencicipinya.

5. Ikan laut

Ikan laut yang tidak segar dapat membuat seseorang menjadi gatal dan memperparah gejala campak.

6. Udang

Karena bersumber dari laut, udang juga tidak baik karena ditakutkan punya kandungan merkuri yang membuat alergi pada beberapa orang.

7. Makanan pedas

Makan makanan pedas terkadang berpengaruh pada imun beberapa orang. Ada yang imunnya semakin naik, ada yang semakin turun setelah mengonsumsinya. Jadi lebih baik dihindari makan pedas sampai benar-benar sembuh.

8. Coklat

Makan terlalu manis membuat kadar gula dalam tubuh bertambah. Tak jarang memberikan efek gatal pada sebagian orang.

9. Minuman bersoda

Saat sehat pun minuman ini tak baik untuk tubuh. Apalagi saat tubuh sakit. Wajib dihindari!


Disadur dari Okezone.com 

Campak Makanan Penyakit


Loading...