Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Mendahulukan Kebahagiaan Dirimu Sendiri

Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Mendahulukan Kebahagiaan Dirimu Sendiri
Freepik
Editor: Malda Life Style —Selasa, 24 Januari 2023 14:33 WIB

Terasjabar.id - Siapa sih, di sini yang tidak ingin membahagiakan orang lain terutama orang-orang terdekat kita? Tentu kita ingin orang-orang di sekitar kita merasa bahagia dengan apa yang kita lakukan. Namun jangan sampai kita melupakan orang yang paling wajib untuk kita bahagiakan. Sebenarnya siapa sih yang wajib kita bahagiakan terlebih dahulu? Jawabannya adalah dirimu sendiri.

Ya, kita wajib mendahulukan kebahagiaan kita sebelum membahagiakan orang lain. Memangnya kenapa? Yuk, simak alasan kenapa kita harus membahagiakan diri sendiri sebelum membahagiakan orang lain.

1. Kamu berharga dan berhak bahagia 


Setiap orang berharga dan berhak untuk bahagia termasuk dirimu. Jangan sampai kamu berusaha membuat orang lain bahagia tapi melupakan kebahagiaanmu sendiri. Hal tersebut sama saja kamu tidak menghargai dirimu sendiri. Kita perlu menyadari bahwa kebahagiaan kita lebih penting dan harus didahulukan sebelum membahagiakan orang lain.

Membahagiakan diri sendiri bukan berarti kamu egois dan tidak memikirkan kebahagiaan orang lain. Hanya saja kita sedang berusaha mencintai diri kita dengan memberikan kebahagiaan diri sendiri. Selagi kebahagiaanmu tidak merugikan dan mengganggu orang lain, kenapa tidak?


2. Siapa yang akan membahagiakan dirimu selain dirimu sendiri 

5 Alasan Kita Harus Mendahulukan Kebahagiaan Diri Sendiriilustrasi memandang diri sendiri (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kita perlu menyadari bahwa tidak semua orang ingin membahagiakan kita dan kita tidak boleh berekspektasi bahwa orang lain tidak akan menyakiti kita. Kita harus menyadari bahwa tidak semua kenyataan harus sesuai dengan keinginan kita. Jadi kita todak boleh menggantungkan kebahagiaan kita kepada orang lain.

Ketika tidak ada yang membahagiakanmu maka hanya dirimulah yang dapat menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memahami diri kita sendiri?

3. Kamu tidak memiliki tanggung jawab atas kebahagiaan orang lain



ilustrasi kebahagiaan orang lain(pexels.com/nappy)

Kebahagiaan orang lain bukanlah tanggung jawab kita. Namun jika kita bisa membuat orang lain bahagia maka kita bisa melakukan sewajarnya dan tidak memaksakan bahkan menganggap kebahagiaan orang lain lebih utama dari kebahagiaan diri kita sendiri.

Kita perlu menyadari bahwa kita diciptakan bukan hanya untuk membahagiakan orang lain dan apa yang kita lakukan tidak selamanya membuat orang bahagia. Jadi membahagiakan orang lain sewajarnya saja jangan terlalu memaksakan dirimu, ya!

4. Kamu hanya manusia biasa 


Kita perlu menyadari bahwa tidak semua yang kita lakukan harus membuat orang lain bahagia. Toh kita hanya manusia biasa yang juga menginginkan hidup yang bahagia.

Jangan sampai kita berusaha membahagiakan orang lain namun malah kita sendiri yang tidak bahagia. Kita cukup melakukan apa yang membuat kita bahagia tanpa mengganggu kebahagiaan orang lain.

5. Dengan membahagiakan diri sendiri kamu baru bisa membahagiakan orang lain 

5 Alasan Kita Harus Mendahulukan Kebahagiaan Diri Sendiriilustrasi bahagia bersama (pexels.com/Kampus Production)

Bagaimana mungkin kita bisa membahagiakan orang lain sedangkan kita sendiri belum bisa membahagiakan diri sendiri. Kebahagiaan yang kita berikan kepada orang lain terasa palsu jika harus mengorbankan kebahagiaan diri kita sendiri.

Orang lain pun juga tidak akan merasa bahagia sepenuhnya jika mengetahui bahagianya adalah hal yang dipaksakan bahkan mengorbankan kebahagiaan orang lain. So, sebelum berusaha membahagiakan orang lain kamu harus membahagiakan dirimu sendiri ya, guys.

Itulah alasan kenapa kita harus membahagiakan diri kita sendiri sebelum membahagiakan orang lain. Bukankah kebahagiaan yang hakiki adalah ketika kita membahagiakan diri sendiri dan membuat orang lain bahagia. Jadi jangan lupa bahagia teman-teman!(Sumber: IDN Times) 

Bahagia Egois Alasan Kenapa harus Bahagia Viral Kebahagiaan


Loading...