MAKANAN-MAKANAN Khas Republik Ceko yang Mesti Kalian Coba, Namanya Unik Tetapi Tetap Delicious !

MAKANAN-MAKANAN Khas Republik Ceko yang Mesti Kalian Coba, Namanya Unik Tetapi Tetap Delicious !
praguego.com
Editor: Malda Kuliner —Selasa, 24 Januari 2023 10:05 WIB

Terasjabar.id - MAKANAN-MAKANAN Khas Republik Ceko yang Mesti Kalian Coba, Namanya Unik Tetapi Tetap Delicious !  

Republik Ceko atau atau lebih umum disebut Ceko merupakan salah satu negara di Eropa Tengah. Selain terkenal dengan keindahan kastil tua dan sejarah panjangnya, negara dengan ibukota Praha ini memiliki berbagai macam hidangan khas dengan cita rasa yang komplit mulai dari manis, asin, gurih sampai pedas. Selain tentunya lezat, hidangan Ceko adalah surga bagi pecinta daging.

Bagi pecinta kuliner, berikut delapan hidangan khas Ceko yang gak boleh dilupakan dalam list wisata kulinermu. Yuk, simak!

1. Kolache, roti bundar dengan beberapa jenis topping

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!toriavey.com

Roti ini pada mulanya adalah makanan ritual yang melambangkan matahari, bulan, dan wanita. Kolache merupakan roti bundar berukur kecil dengan topping tepat di tengah roti. Toppingnya roti ini sangat beragam, tetapi yang paling banyak digunakan adalah biji poppy dan keju cottage. Topping yang lebih modern di antaranya aprikot, blueberry, ceri, lemon, nanas, dan kismis. Makanan ini biasanya dimakan sebagai menu sarapan didampingi dengan secangkir teh atau kopi.

2. Svickova na smetane, daging sirloin dengan saus sayur

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!nejrecept.cz

Svickova merupakan hidangan klasik Ceko yang dibuat untuk pernikahan atau makan siang keluarga hari Minggu. Hidangan populer ini terdiri dari daging sapi rebus yang dilumuri saus kental parsley dan wortel. Biasanya disajikan dengan saus sayur krim mengandung wortel, seledri dan akar peterseli. Selain itu, hidangan ini juga biasanya dimakan bersama makanan pendamping khas Ceko, yaitu knedliky.

3. Kulajda, sup kentang creamy

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!tasteofprague.com

Kuljada adalah masakan andalan di Ceko berupa sup krim kentang dengan jamur, adas, dan cuka di atasnya. Banyak versi dalam membuat hidangan ini, Kuljada secara tradisional dibuat dengan krim asam namun ada juga yang membuatnya dengan kembang kol dan mentega vegan untuk memberikan supnya tekstur lebih creamy. Masakan Ceko tradisional sebagian besar berbasis daging, Kuljada menjadi salah satu pilihan makanan lezat bagi para vegetarian di Ceko. 

4. Knedliky, pangsit khas Ceko

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!czechspecials.cz

Knedliky adalah salah satu lauk paling populer di Ceko. Knedliky merupakan sejenis pangsit versi Ceko. Hidangan ini dibuat dari kentang rebus yang dihaluskan ditambahkan garam, telur, tepung dan semolina. Kemudian bahan-bahan tersebut diuleni hingga halus dan digulung. Adonan ini tidak digoreng melainkan di rebus dalam dalam air asin mendidih dan disajikan seperti potongan bolu gulung. \

5. Goulash, daging saus pedas

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!praguego.com

Goulash adalah potongan daging dengan saus pedas yang disajikan dengan irisan bawang mentah dan lobak kuda. Daging yang biasanya digunakan adalah daging sapi atau kadang-kadang menggunakan daging ayam atau babi sebagai bahan alternatif. Jika orang Indonesia memakan lauk dengan nasi, orang Ceko memakan lauk seperti Goulash ini dengan roti pangsit Knedliky.

6. Chlebicek, sandwich cepat saji dengan berbagai topping sehat

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!reddit.com

Chlebicek adalah sepotong roti baguette atau roti panggang dengan berbagai topping seperti telur, ham, salami, acar, dan mentimun. Makanan ini biasanya dikonsumsi untuk sarapan dan makan siang karena hidangan ini cepat untuk dibuat dan mengenyangkan. 

7. Trdelnik, pastry gulung tradisional dilapisi dengan gula atau kayu manis.

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!itinari.com

Trdelnik adalah pastry gulung tradisional yang berasal dari wilayah Transylvania namun banyak ditemukan dimana-mana di berbagai wilayah di Ceko. Trdelnik biasanya disajikan hangat dan di atasnya ditaburi gula, kacang-kacangan atau kayu manis. Hidangan ini dibuat dengan membungkus adonan kue di sekitar tongkat kayu atau logam, memanggangnya di atas api terbuka dan dilapisi dengan gula atau kayu manis. Menyaksikan kue yang sedang dipanggang ini merupakan pemandangan menarik yang dapat ditemukan di sepanjang jalan di wilayah wisata di Ceko.

8. Smazeny Syr, jajanan kaki lima surganya pecinta keju

8 Hidangan Khas Ceko yang Bikin Kamu Lapar Terus, Cobain Deh!get-to-know-cz.tumblr.com

Smazeny Syr adalah sepiring keju goreng yang disajikan dengan kentang goreng, salad, atau roti gulung. Makanan ini banyak dijual pedagang kaki lima di seluruh Praha. Penjual makanan ini biasanya menyediakan berbagai jenis keju sehingga pembil dapat memilih yang paling disukai. Namun, versi keju goreng yang paling banyak ditemukan adalah dengan keju Edam.

Bagi para pecinta kuliner khususnya kuliner western, komplit banget kan cita rasa hidangan khas Ceko? Dari delapan hidangan khas Ceko ini, hidangan apa nih yang bikin kamu penasaran banget sama rasanya?

(Sumber: IDNTimes) 

Makanan Khas Ceko Viral Republik Ceko Kolache Pecinta Daging Svickova na smetane


Loading...