Alasan ODGJ yang Bakar Masjid di Garut Disebut Karena Kedinginan, Jadi Bakar Sesuatu Untuk Menghangatkan Tubuh di Dalam Masjid

Alasan ODGJ yang Bakar Masjid di Garut Disebut Karena Kedinginan, Jadi Bakar Sesuatu Untuk Menghangatkan Tubuh di Dalam Masjid
Tribun Jakarta
Editor: Malda Hot News —Selasa, 24 Januari 2023 09:33 WIB

Terasjabar.id - Alasan ODGJ yang Bakar Masjid di Garut Disebut Karena Kedinginan, Jadi Bakar Sesuatu Untuk Menghangatkan Tubuh di Dalam Masjid 

Seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membakar sebuah masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Peristiwa itu terjadi pada Minggu, 22 Januari 2023 malam.

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro membenarkan pelaku pembakaran masjid itu merupakan seorang ODGJ. Ia mengatakan bahwa saat ini pelaku sudah dikembalikan ke rumah sakit jiwa untuk menjalani perawatan.

"ODGJ betul, sudah tiga kali masuk rumah sakit jiwa, obatnya kayaknya habis itu," ujar Rio.

Lebih lanjut, Rio menuturkan bahwa ODGJ tersebut telah membakar masjid itu di bagian dalam hingga bagian atap bangunan terbakar.

"Membakar di dalam (masjid) akhirnya terbakar, di atasnya terbakar, kita melakukan tindakan, kita amankan dia," ujarnya.

Pihak kepolisian pun mencari informasi terkait kondisi pelaku hingga diketahui terdapat riwayat gangguan jiwa.

Menurut Rio, kondisi pelaku diperkuat dengan adanya riwayat sudah 3 kali masuk rumah sakit jiwa. Selain itu, bukti juga dikuatkan dari keterangan masyarakat bahwa pelaku menderita gangguan jiwa.

"Ternyata punya rekam medis tiga kali rumah sakit jiwa, kita antarkan ke rumah sakit jiwa," tuturnya.

Ketika dimintai keterangan terkait motifnya membakar masjid, ODGJ tersebut mengaku kedinginan saat berada di dalam masjid sehingga mencoba menghangatkan tubuh dengan cara membakar sesuatu.

"Dia bilang kedinginan dalam masjid," ucap Rio dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Selasa, 24 Januari 2023.

Rio pun menegaskan bahwa aksi pelaku membakar bagian dalam masjid itu murni karena perbuatan ODGJ serta tidak ada unsur kesengajaan lainnya.

Saat ini, material bangunan masjid yang terbakar sudah dibersihkan oleh jajaran kepolisian bersama unsur pemerintah dan masyarakat. Masjid tersebut akan segera diperbaiki agar bisa digunakan kembali untuk aktivitas beribadah seperti biasanya.

"Saya bersama anggota, 3 pilar, membersihkan masjid lalu kita benahi, kita rehab lagi agar cepat digunakan kembali," katanya.***(Sumber: Pikiranrakyat.com) 

ODGJ Garut Masjid Viral Bakar Masjid Minggu Desa Lembang Leles garut Rumah Sakit Jiwa


Loading...