Apa Itu Bambu Petuk ? Benarkah Bisa Membawa Pemiliknya Menjadi Kaya ?

Apa Itu Bambu Petuk ? Benarkah Bisa Membawa Pemiliknya Menjadi Kaya ?
Kompasiana.com
Editor: Malda Life Style —Sabtu, 21 Januari 2023 10:42 WIB
Terasjabar.id - Apa Itu Bambu Petuk ? Benarkah Bisa Membawa Pemiliknya Menjadi Kaya ? 
Berbicara tentang bambu petuk, kebanyakan orang pasti akan mengaitkannya dengan hal-hal berbau mistis. Banyak orang percaya, bambu petuk digunakan sebagai ‘aji-ajian’ atau jimat untuk mendapatkan kekayaan atau sebagai piranti dalam membangun sebuah usaha agar berhasil. Namun apa itu bambu petuk? Dalam artikel ini akan membahas mengenai:
  • Apa Itu Bambu Petuk?
  • Jenis-Jenis Bambu Petuk
  • Mitos Bambu Petuk dan Fakta yang Sebenarnya
  • Harga Bambu Petuk
  • Manfaat Bambu Petuk

Apa Itu Bambu Petuk?

Bambu petuk mempunyai nilai filosofi yang tinggi. (Foto: Bombastis.com)
Bambu petuk adalah jenis bambu yang berbeda dengan jenis bambu lainnya., yang membuatnya berbeda adalah pada pertemuan ruas batangnya. Petuk sendiri berarti ruas yang saling bertemu. Pertemuan ruas itu terkadang sering diyakini oleh sebagian orang sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib, sehingga tidak jarang ada banyak mitos yang berseliweran mengenai bambu petuk.
Di samping banyaknya mitos itu, ternyata bambu petuk memiliki nilai filosofi yang tinggi. Salah satunya adalah bambu petuk mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang kuat seperti layaknya bambu petuk yang tidak akan roboh sekalipun diterjang angin sekencang apapun.
Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa itu bambu petuk. Jika Anda sedang berencana mencari hunian, Bandung bisa menjadi pilihan kawasan yang cocok. Temukan daftar hunian terbaik di Bandung dibawah Rp500 juta di sini!

Jenis-Jenis Bambu Petuk

Beragam jenis-jenis bambu petuk. (Foto: Bambupetuk.com)
Ada beberapa jenis bambu petuk. Perbedaannya ada pada cabang batang bambunya. Berikut jenis-jenis bambu petuk.

1. Bambu Petuk Gunung

Bambu Petuk Gunung biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai piranti penglaris serta pemikat atau pengasih. Dengan menggunakan jenis bambu ini, sang tuan dipercaya akan mendapat simpati dari banyak orang sehingga jadi lebih mudah menuju kesuksesan. Bambu jenis ini memiliki bentuk segitiga jika dilihat dari samping.

2. Bambu Petuk Tolak

Bambu jenis ini memiliki dua ruas dengan cabang yang tidak saling berhadapan dan kedua cabangnya terlihat tidak memiliki titik temu. Sehingga, semakin panjang cabang tersebut, akan semakin jauh ujung cabangnya dari arah lurus. Biasanya bambu tolak digunakan oleh orang untuk menolak bala, hal buruk, dan niat jahat dari mereka yang berniat jahat.

3. Bambu Petuk Singkir

Sekilas, bentuk bambu petuk jenis ini cukup mirip dengan pring petuk tolak. Hanya saja, bagian cabangnya memiliki bentuk yang melengkung ke samping batang utama. Mirip seperti cabang yang melingkar pada batang bambu. Bambu petuk singkir ini dipercaya dalam melawan unsur alam. Sehingga, orang percaya kalau menyimpan bambu ini di dalam rumah akan membuat pemiliknya bebas dari bencana.

4. Bambu Petuk Tali Rogo

Biasanya jenis bambu ini dimanfaatkan untuk menjinakkan hewan buas sehingga kebanyakan digunakan oleh para pawing hewan buas. Bambu ini memiliki ciri-ciri dua cabang yang saling bertabrakan di setiap ruasnya.

5. Bambu Petuk Senopati

Bambu petuk senopati memiliki cabang yang seakan memiliki kendali sehingga ketika cabang bambu terlihat akan bertabrakan atau menemui titik temu cabang akan berbelok arah. Jenis bambu petuk dipercaya bisa memberikan kekebalan kepada pemiliknya terhadap senjata tajam dan bisa memberikan keuntungan untuk bermain judi.

6. Bambu Petuk Gelang

Bambu jenis ini memiliki ciri-ciri pertumbuhan cabang gelang dan saling melingkar. Biasanya Petuk Gelang digunakan untuk menemukan harta karun seperti emas, perak, dan minyak bumi. Biasanya pemakai Bambu Petuk Gelang akan memberikan pertanda lokasi benda tersebut dari mimpi.

7. Bambu Jenis Satrio

Bentuk bambu jenis ini cenderung mudah dikenali karena dua ruas cabangnya memiliki arah pertumbuhan yang searah. Biasanya jenis ini digunakan untuk menambah wibawa dan agar disegani oleh orang lain.

8. Bambu Petuk Pikat

Bambu jenis ini dimanfaatkan oleh orang untuk jimat pengasihan. Di mana bambu ini paling banyak digunakan untuk memiliki lawan jenis, disukai atasan, dan disenangi oleh pelanggan.

9. Bambu Petuk Badar

Berbeda dengan jenis lainnya, Petuk Badar memiliki pangkal cabang pada bambu ini berbentuk lurus dan searah sehingga cabangnya terkesan memanjang dan tidak bertabrakan. Bambu ini biasa digunakan sebagai jimat keberuntungan dan dipercaya dapat membantu memenangkan berbagai masalah yang dihadapi oleh pemiliknya.

10. Bambu Petuk Pekik Langkah

Bambu ini memiliki bentuk yang relatif unik karena dua ruasnya tidak langsung saling bertemu. Akan tetapi, ruasnya melangkahi satu batas ruas lagi sebelum cabangnya saling bertemu. Khasiat bambu jenis ini dipercaya memiliki kekuatan dapat memberikan manfaat olah kanuragan di mana pemiliknya bisa menjadi kebal.

11. Bambu Pring Petuk Wali

Pring petuk wali merupakan jenis yang banyak dicari oleh masyarakat karena bambu ini disebut sebagai raja dari bambu yang memiliki tuah. Menyimpan bambu ini dipercaya dapat menaklukkan kodam dari jenis bambu lainnya.

Tips Rumah.com

Selalu cek kualitas rumah inden, mulai dari ukuran rumah, bahan yang digunakan, jenis apa saja yang dipakai, ukuran besi cor, jenis kabel listrik, daya listrik, tinggi plafon rumah, hingga sirkulasi udara dan sanitasinya.

Mitos Bambu Petuk dan Fakta yang Sebenarnya

Mitos bambu petuk dan fakta yang sebenarnya. (Foto: Pixabay - Raedon)
Berangkat dari manfaatnya yang sakti itu, bambu petuk mempunyai sejumlah mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat. Semisal yang paling populer adalah sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib karena cabang atau rantingnya yang saling bertemu atau berhadapan satu sama lain. Padahal sebenarnya hal itu hanyalah mitos belaka.
Mitos lainnya adalah akan dibawa oleh makhluk halus apabila melangkahi batang bambu yang melintang di jalan. Sebab, bambu petuk diceritakan menjadi tempat tinggal makhluk gaib sehingga jika melangkahinya dianggap tidak sopan dan akan membuat marah penunggunya.
Bambu petuk yang disebut sebagai jimat menguntungkan dan melariskan sesuatu juga sepertinya mitos belaka. Meskipun pada beberapa kejadian, hal ini terbukti. Namun kejadian ini belum bisa dibuktikan kebenarannya melalui ilmiah.

Harga Bambu Petuk

Dengan banyaknya mitos dan jenis yang meliputi bambu petuk, kelangkaan jenis bambu ini tentunya juga membuat orang penasaran dengan harganya. Harga bambu petuk ditentukan dari tingkat kelangkaan dan kemujaraban tanaman sejenis rumput ini. Berikut harganya:
  • Bambu Petuk Gunung: Rp64.000.000
  • Bambu Petuk Gondong Ros: Rp2.500.000
  • Bambu Petuk Jimat Pesugihan: Rp10.000.000
  • Bambu Petuk Belalai Gajah: Rp3.000.000
  • Bambu Petuk Temu Rose: Rp1.500.000

Manfaat Bambu Petuk


Berbeda dengan bambu lainnya, bambu petuk memiliki sejumlah manfaat yang lain dari biasanya. Bambu ini disebut-sebut mempunyai 1000 manfaat yang sangat menguntungkan bagi siapapun yang memilikinya. Mulai dari sebagai pengundang rezeki, penglaris, hingga hal-hal yang bisa membuat seseorang atau pemiliknya menjadi cepat kaya.
Tidak hanya itu saja, bambu petuk juga dipercaya membuat pemiliknya mempunyai karisma yang sangat luar biasa. Ini membuat pemiliknya memiliki nuansa kepercayaan diri yang tinggi dari orang-orang sekitar ataupun mereka yang melihatnya.
Dengan begitu, kala berbisnis atau bernegosiasi, pemilik bambu petuk tidak akan diragukan lagi sehingga bisnis atau negosiasinya akan berjalan sukses. Selain itu, bambu petuk juga bisa menangkal dan menetralisir segala macam serangan gaib, termasuk santet, pelet, teluh, dan guna-guna.(Sumber: Rumah.com)

Bambu Petuk Viral JMitos Bambu Petuk Kekayaan Usaha Harga Bambu Petuk


Loading...