Lampaui Target PKB Di Kuningan Mencapai 105%

Lampaui Target PKB Di Kuningan Mencapai 105%
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 19 Januari 2023 14:05 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kabupaten Kuningan tahun 2022 berhasil melampaui target dari sebesar Rp. 111 miliar, pada akhir tahun tercapai sebesar Rp 117 miliar atau 105 persen dengan jumlah kendaraan bermotor sebanyak 236.723 KBM. Tercapainya target ini tidak terlepas dari program-program kegiatan yang dilaksanakan oleh Samsat dalam meningkatkan pendapatan daerah antara lain adanya Operasi Gabungan (Opsgab) dalam rangka intensifikasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang dilaksanakan bersama dengan Mitra (Kepolisian, Bank BJB dan Jasa Raharja) dan juga dilaksanakan sosialisasi kesamsatan baik program-program PKB maupun layanan-layanan Samsat mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Desa yang melibatkan aparatur desa. Selain itu juga aparatur desa dilibatkan pula bersama-sama dengan Tim Penelusur untuk menelusur kendaraan-kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU). Kegiatan ini diharapkan dapat tersampaikan kepada masyarakat luas dan juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu serta untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat terkait program-program PKB maupun layanan-layanan yang ada di Samsat.

Hal ini dikatakan Ketua Tim (Katim) Penerimaan dan Penagihan kantor Samsat Bambang Nugraha didampingi Budi Purnomo Katim Pendataan dan Penetapan, saat diwawancarai terasjabar. Id di ruang kerjanya, Rabu (18/01/2023).

Bambang menerangkan, kenaikan sebesar 105% itu merupakan buah dari usaha bersama seluruh pegawai Samsat Kuningan yang berusaha dengan maksimal untuk mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan. Tentunya hal ini tidak terlepas juga dari adanya Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional pada bulan Juli-Agustus 2022, ujarnya.

Pada tahun 2023, program sosialisasi kesamsatan, penelusuran KTMDU, kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan masih tetap kita lakukan. Dengan melakukan sosialisasi yang terus menerus dan gencar dilakukan, mudah-mudahan kesadaran masyarakat lebih meningkat untuk membayar pajak kendaraan, ungkapnya.

Sementara itu, layanan Samsat Keliling imbuh Bambang, sangat membantu penerimaan PKB. Mobil Samsat berkeliling ke pelosok-pelosok desa sesuai jadwal yang ditetapkan. Penerimaan PKB yang dirasakan sangat signifikan sekali (cukup besar) terutama pada hari Minggu dalam acara Car Free Day (CFD) yang dipusatkan di Taman Kota Kuningan dan Halaman Kantor Samsat. Warga masyarakat banyak yang berdatangan dan memanfaatkan untuk membayar kewajiban membayar pajak kendaraannya di acara Car Free Day.

Bambang berharap kepada pemerintah daerah untuk tetap bersinergi agar ikut berperan aktif dalam mendukung program kegiatan dengan turut mensosialisasikan kepada warga masyarakat Kuningan agar taat bayar pajak kendaraan. Diharapkan pada tahun 2023 pemasukan dari sektor pajak kendaraan di Kuningan lebih meningkat, imbuhnya.

(H. Aboy)

PKB Pajak Kuningan Viral KBM Kendaraan Bermotor Polisi Bank BJB


Loading...