Kapan Waktu Olahraga yang Tepat ? Pagi, Siang Atau Malam ? Begini Penjelasannya

Kapan Waktu Olahraga yang Tepat ? Pagi, Siang Atau Malam ? Begini Penjelasannya
IDN Times
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 19 Januari 2023 12:01 WIB

Terasjabar.id - Praktisi kesehatan dan sport enthusiast, dokter Tirta tak bosan-bosan membagikan ilmu-ilmu ataupun informasi yang bermanfaat mengenai kesehatan tubuh dan dunia olahraga.

Kali ini, masih dari kanal Youtube pribadinya, tepatnya melalui segmen #SuaraTirta dr. Tirta akan membahas mengenai hal yang sering dipertanyakan oleh netizen kepadanya perihal waktu terbaik untuk melakukan olahraga.

Masyarakata awam mungkin masih bingung, olahraga sendiri mana yang lebih baik untuk dilakukan, apakah saat pagi hari atau pada malam hari ketika selesai beraktivitas?

Dokter Tirta pertama menjelaskan, dari beberapa jurnal yang ia baca, waktu pagi dan sore hingga jam 9 malam merupakan waktu paling maksimal untuk berolahraga. Sebab, apabila olahraga dilakukan semakin malam, akan ada yang namanya recovery akut.

Heart ratenya itu masih akan bisa berdebar-debar setelah dua jam setelah selesai olahraga,” ujar dr. Tirta.

Lebih lanjut lagi ia menjelaskan, kalau semakin malam seseorang berolahraga, maka akan semakin mengganggu pola tidur. Mengingat fase untuk masuk ke deep sleep akan terganggu karena heart rate yang masih tinggi.

Makanya, semakin malam seseorang berolahraga, maka orang tersebut harus memberikan jeda waktu dua jam untuk full recovery heart rate sebelum pergi tidur.

Sehingga jika olahraganya selesai jam 9, berarti baru bisa tidur di pukul 11 malam. baru Jika selesai olahraga di jam 11 malam, berarti pukul 1 baru baru bisa tidur.

“Lain cerita kalau kalian tidurnya itu memang jam 1 tapi bangun jam 9 pagi. Nah, buat kalian yang masih bekerja pagi hari kayak kerja jam 6, jam 7, otomatis ya kalian harus tidur maksimal tidur jam 11 malem. Sehingga olahraganya selesai maksimal jam 9 atau jam 10,” jelas dr. Tirta panjang lebar.

Jadi, lebih pilih mana, nih? Olahraga siang atau olahraga malam? Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detailnya, langsung yuk cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya! (Sumber: Okezone) 

Waktu Berolahraga malam siang pagi Viral dr tirta kapan waktu Olahraga yang baik ?


Loading...