Berikut Beberapa Fakta Menarik Pandawara Group, 5 Pemuda yang Viral karena Bersihkan Sampah

Berikut Beberapa Fakta Menarik Pandawara Group, 5 Pemuda yang Viral karena Bersihkan Sampah
(Kompasiana.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 18 Januari 2023 14:26 WIB

Terasjabar.id -- Pandawara Group sukses mencuri perhatian warganet karena konten yang mereka buat di TikTok. Warganet banyak yang mengapresiasi langkah konkrit yang dilakukan Pandawara Group untuk menjaga lingkungan melalui aksi bersih-bersih sungai.

Pandawara Group terdiri dari lima orang pemuda yakni Rafi (22), Agung (22), Gilang (22), Ikhsan (21) dan Rifki (22). Ingin tahu lebih banyak tentang Pandawara Group?

Berikut 5 fakta menarik dari Pandawara Group yang dirangkum dari podcast Denny Sumargo.

1. Makna Pandawara

Gilang menjelaskan arti dari nama Pandawara. Menurutnya, Pandawara terdiri dari dua kata yakni Panda dan Wara.

Panda sendiri diambil dari kisah pewayangan Mahabrata yang artinya berlima. Sementara Wara berasal dari bahasa Sunda yang artinya kabar baik. Sehingga Pandawara berarti lima pemuda yang membawa kabar baik. 

2. Pengalaman Jadi Korban Banjir

Kegiatan sosial yang dilakukan Pandawara Group berawal dari keresahan dan pengalaman mereka menjadi korban banjir yang kerap melanda daerah tempat tinggalnya. Kelima anggota Pandawara Group diketahui tinggal di satu area komplek perumahan yang sama.


Mereka juga merupakan teman satu sekolah semasa SMA. Berbekal keakraban dan rasa prihatinnya terhadap bencana yang diakibatkan sampah, mereka kemudian memulai gerakan bersih-bersih sungai.

3. Bersihkan 80 Titik Selama Setahun

Pandawara Group telah memulai aksi bersih-bersih sungai sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Jelang setahun perjalanan kelimanya, para pemuda panutan itu telah membersihkan sampah setidaknya sebanyak 80 titik di area Jawa Barat yang terdiri dari parit, anak sungai, hingga sungai besar.

4. Hadapi Berbagai Rintangan yang Mengancam Nyawa

Dalam menjalankan aksinya, Pandawara Group sering dihadapkan pada berbagai hal yang berpotensi mengancam keselamatan mereka. Seperti salah satunya dialami anggota Pandawa Group yang hampir hanyut karena air bah tiba-tiba datang ketika mereka membersihkan sungai.

Mereka juga pernah bertemu ular python sepanjang 8 meter di sungai, beruntungnya ular tersebut tak melakukan perlawanan dan hanya lewat begitu saja.

5. Dapat Dukungan dari Berbagai Kalangan

Kegigihan Pandawara Group untuk membersihkan sungai dari sampah ternyata juga menjadi inspirasi orang lain melakukan hal yang sama.

Sederet publik figur tanah air hingga mancanegara juga memberikan dukungan bagi Pandawara Group. Artis Pevita Pearce turut menyampaikan kekagumannya pada aksi yang dilakukan Pandawara Group.

“Terima kasih ya, kalian hebat,” tulis @pevpearce di kolom komentar postingan Instagram Pandawara Group.


Potongan video merekam aksi bersih-bersih sungai yang beredar di dunia maya tersebut juga sampai ke akun YouTuber terkenal dunia, MrBeast dan memfollow langsung akun Pandawa Group di TikTok.

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id 

Pandawara Group Tiktok Bersih Bersih Sungai


Loading...