Menteri Besar Malaysia Berpidato Gunakan Bahasa Jawa, Warganet: Curiga wong Nganjuk iki

Menteri Besar Malaysia Berpidato Gunakan Bahasa Jawa, Warganet: Curiga wong Nganjuk iki
Detik.com
Editor: Malda Hot News —Rabu, 18 Januari 2023 09:16 WIB

Terasjabar.id -- Menteri Besar negara bagian Johor Malaysia, Onn Hafiz Ghazi, heboh di media sosial setelah berpidato, salah satunya mengutip pernyataan menggunakan bahasa Jawa.
Sebuah video yang diunggah akun Instagram @viralpressid menunjukkan Onn mulanya sedang berpidato dengan bahasa Melayu di hadapan parlemen negara bagian Johor.

Ia bicara soal komitmen Kesultanan Johor membantu warganya tanpa memandang etnis, agama, derajat, maupun keturunan.

Di tengah pidato itu, Onn lantas menyelipkan bahasa asing, termasuk Jawa, sampai-sampai mengundang tanggapan dari anggota parlemen.

"Kerajaan negeri telah dan akan terus secara konsisten membantu bangsa Johor, tanpa memandang etnis, agama, derajat, maupun keturunan," kata Onn dalam cuplikan video tersebut.

"We are truly a colour blind state hhen it comes to helping the people of bangsa Johor (Kita sejatinya dalam keadaan buta warna untuk membantu rakyat Johor) atau dalam bahasa lain, dengan izin Yang Mulia Datuk Ketua (Parlemen), kito iki buto worno. Kabeh podo wae (Kita ini buta warna. Semua sama)."

Usai bicara demikian, salah satu anggota parlemen bertanya apakah Onn bicara dalam bahasa Jawa. Onn pun tersenyum dan membalas dirinya hanya "mencoba".

"Bicara dalam bahasa Jawa kah Anda Yang Terhormat?" tanya salah satu anggota parlemen.

"Saya mencoba," jawab Onn.

Dalam kesempatan itu pula, Onn juga menyampaikan kalimat dalam bahasa Mandarin dan Tamil. Hal itu dilakukan untuk menjelaskan maksud ucapan yang dia sampaikan dalam bahasa Jawa sebelumnya.

Sontak, unggahan tersebut dihujani banyak komentar netizen terutama warga Indonesia.

"Curiga wong Nganjuk iki (Curiga ini orang Nganjuk)," demikian kelakar salah satu pengguna Instagram.

"Cakep, ayok sini main ke Jawa biar diajarin bahasa Jawa," tulis netizen lainnya.

Sejauh ini, tak diketahui kapan video itu diambil dan rapat apa yang tengah diselenggarakan saat itu. Cuplikan itu hanya menampilkan Onn yang sedang bicara dalam berbagai bahasa asing.

Tak ada wajah-wajah lain yang tampak dalam video tersebut.

Onn Hafiz Ghazi merupakan Menteri Besar Johor ke-19 yang dilantik pada Maret 2022. Jabatan itu setingkat gubernur jika di Indonesia.

Onn adalah cicit dari pendiri partai UMNO, Onn Jaafar. Dia juga merupakan cucu dari Perdana Menteri ke-3 Malaysia, Hussein Onn.

Baca artikel CNN Indonesia "Menteri Malaysia Pidato Pakai Bahasa Jawa, Netizen Heboh" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230118083344-106-901818/menteri-malaysia-pidato-pakai-bahasa-jawa-netizen-heboh.

Menteri Besar Malaysia Johor Onn Hafiz Ghazi Pidato Kesultanan Johor


Loading...