Berikut Beberapa Manfaat Jeruk Nipis untuk Ketiak

Berikut Beberapa Manfaat Jeruk Nipis untuk Ketiak
Ilustrasi (Jovee : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 16 Januari 2023 15:35 WIB

Terasjabar.id -- Rupanya penggunaan dari berbagai bahan alami untuk perawatan kulit masih banyak disukai oleh masyarakat kita, salah satunya yaitu jeruk nipis untuk ketiak. Adanya kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis disebut memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit ketiak, lho. 

Walaupun demikian, tidak sedikit para praktisi kesehatan yang justru tidak menganjurkan penggunaan jeruk nipis ini pada ketiak. Meskipun termasuk ke dalam bahan alami, jeruk nipis juga dapat melukai serta mengiritasi kulit, terutama apabila kulit sedang mengalami kontak dengan sinar matahari.

Menyadur dari laman SehatQ, berikut ini potensi manfaat dari jeruk nipis untuk ketiak, yuk simak ulasannya:

1. Menjaga elastisitas kulit ketiak

Manfaat jeruk nipis untuk kulit sebagian besar diyakini karena adanya kandungan vitamin C di dalamnya dan juga flavonoid. Keduanya merupakan salah satu kandungan yang bisa membantu untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih elastis. 

Pemakaian skin care yang memiliki kandungan jeruk nipis di dalamnya pun disebut-sebut mampu untuk meremajakan kulit, membuat kulit tampak lebih cerah, dan juga tetap kenyal.

2. Mengatasi bau badan

Mengoleskan jeruk nipis pada area ketiak ataupun bagian tubuh yang mudah berkeringat bisa membantu untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan, lho. Aroma dari jeruk nipis yang kuat juga dapat menyamarkan bau yang tidak sedap pada tingkat tertentu.

Namun, efek ini ternyata hanyalah bersifat sementara dan akan menghilang setelah beberapa saat atau setelah kamu berhenti menggunakannya. 

Selain itu, sifat asam yang terdapat pada jeruk nipis juga bisa mengiritasi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya jangan berlebihan saat menggunakan jeruk nipis, ya. 

3. Sebagai bahan eksfoliasi alami 

Berdasarkan hasil sebuah penelitian tahap awal, salah satu manfaat jeruk dari Jeruk nipis selanjutnya yaitu sebagai bahan eksfoliasi alami. Ini dikarenakan adanya kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis yang bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati secara alami.

Rutin melakukan eksfoliasi dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan warna kulit menjadi gelap dan juga bertekstur kasar. Itu sebabnya, rutin menggunakan jeruk nipis sebagai bahan eksfoliasi alami bisa berpotensi untuk membuat kulit ketiak tampak lebih cerah dan juga halus. 

Nah, itulah tadi beberapa potensi manfaat dari jeruk nipis untuk ketiak kamu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara,com 

Jeruk Nipis Manfaat Ketiak


Loading...