Kunci Tiket ke Semifinal Malaysia Open 2023, Apri/Fadia Diprediksi Bakal Masuk Top 5 Dunia

Kunci Tiket ke Semifinal Malaysia Open 2023, Apri/Fadia Diprediksi Bakal Masuk Top 5 Dunia
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 13 Januari 2023 14:56 WIB

Terasjabar.id -Malaysia Open 2023 masih bergulir dan baru akan memasuki babak semifinal pada Sabtu (14/1/2023). Menariknya, di tengah pejalanan turnamen Super 1000 ini, salah satu wakil Indonesia sudah diprediksi akan mengalami pembaruan peringkat dalam BWF world rank setelah kunci tiket ke babak semifinal.

Siapa lagi kalau bukan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, wakil pertama yang lolos ke semifinal dan satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda putri untuk Malaysia Open 2023. Apri/Fadia memastikan diri tembus babak semifinal usai membekuk unggulan ketiga, Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Laga alot melawan ganda putri Korea tersebut berakhir dengan kemenangan straight game untuk Indonesia dengan skor 22-20 dan 21-15. Di semifinal nanti, Apri/Fadia sudah ditunggu oleh ganda putri nomor satu dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan dari China.

Pertemuan antara Apri/Fadia dengan Chen/Jia sendiri bukan kali pertama terjadi di turnamen dunia yang diagendakan BWF. Sebelumnya, kedua pasangan ganda putri tersebut pernah saling adu kemampuan di Indonesia Masters 2022 dan Malaysia Open 2022.

Sayangnya, Apri/Fadia justru mengalami kekalahan saat main di kandang sendiri dan harus puas menyandang gelar runner up. Barulah di Malaysia Open 2022, Apri/Fadia berhasil revans dan menahan langkah Chen/Jia di perempat final.

Terlepas dari catatan pertemuan yang terjadi antara Apri/Fadia dan Chen/Jia serta hasil laga semifinal nanti, ada fakta menarik yang diprediksi bakal terjadi pekan depan terkait perubahan peringkat. Perlu diketahui, bahwa sudah menjadi rutinitas bagi BWF untuk meng-update peringkat seluruh pebulutangkis dunia setiap pekan.

Apri/Fadia sudah diprediksi bakal masuk jajaran atlet papan atas yang menghuni peringkat lima besar dunia. Berdasarkan rilisan data BWF pada Selasa (10/1/2023), Apri/Fadia masih betah di peringkat sebelas dunia sejak akhir tahun 2022.


Pasca memastikan diri lolos semifinal Malaysia Open 2023, setidaknya Apri/Fadia bakal mendapat tambahan 8.400 poin. Jika dikalkulasi kasar, poin Apri/Fadia yang semula 61.900 akan bertambah menjadi 70.300 dan praktis akan menempati peringkat lima dunia.


Pencapaian ini tentu menjadi kabar baik untuk ganda putri Indonesia. Selepas Greysia Polii gantung raket dan meninggalkan Apriyani Rahayu, memang belum ada ganda putri Indonesia yang mampu menggantikannya.

Baru kemudian pasangan Apri/Fadia yang berhasil masuk ajaran top 5 dunia dan meraih catatan peringkat tertinggi dalam satu tahun perjalanan kariernya. Selamat untuk Apri/Fadia dan teruslah ukir prestasi terbaik!


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Malaysia Open 2022 BWF Semifinal Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti


Loading...