Kasus Chiki Ngebul Bermunculan, Nitrogen Cair Emang Aman Untuk Dikonsumsi ?

Kasus Chiki Ngebul Bermunculan, Nitrogen Cair Emang Aman Untuk Dikonsumsi ?
Radar Banyumas
Editor: Malda Hot News —Rabu, 11 Januari 2023 12:47 WIB

Terasjabar.id - Apakah nitrogen cair aman dikonsumsi? Pasalnya, baru-baru ini dilaporkan ada lebih dari 20 kasus anak yang tercatat mengalami keracunan jajanan chiki ngebul akibat penggunaan nitrogen cair. Tak sedikit dari mereka yang harus dilarikan ke rumah sakit usai mengonsumsi jajanan semacam itu.
Pada November 2022 lalu, tercatat ada 24 anak dilaporkan mengalami keracunan makanan serupa di Kabupaten Tasikmalaya. 7 di antaranya bergejala dan telah diobservasi di puskesmas, orang sembuh dan telah pulang, satu orang dirujuk ke RS SMC Tasik, dan telah pulang beberapa hari kemudian.

Kemudian di Kota Bekasi terdapat 4 anak mengonsumsi di periode yang sama. 3 di antaranya tak bergejala, sementara 1 bergejala hingga mengalami lambung bocor sampai harus menjalani operasi di RS Haji Jakarta Timur.

Dinas Kesehatan Jawa Barat tengah menganalisis lebih lanjut kemungkinan adanya pelarangan.

''Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota di Jawa Barat akan terus mengkaji kemungkinan larangan peredaran makanan bernitrogen cair, dan akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar untuk meningkatkan kewaspadaan atas konsumsi cikbul oleh anak-anak,'' terang Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana melalui keterangan tertulis yang dikutip detikcom Rabu (11/1/2022).
Lantas, nitrogen cair sebenarnya aman gak sih dikonsumsi? Simak penjelasannya berikut ini.

Apakah Nitrogen Cair Aman Dikonsumsi?
Pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Nuri Andarwulan menegaskan nitrogen cair tidak digunakan sebagai bahan tambahan pangan. Kandungan nitrogen cair yang digunakan dalam jajanan ciki ngebul sangat berbahaya jika dikonsumsi atau tertelan.

Walaupun nitrogen cair tertelan dalam jumlah sangat sedikit, senyawa tersebut tetap bisa memicu kerusakan organ, terutama pada saluran pencernaan atas seperti lambung. Kondisi lambung bocor saat tertelan nitrogen cair terjadi karena adanya penekanan yang sangat tinggi di organ dalam tubuh dan berubah menjadi uap.

Kondisi ini membuat pasien akan mengalami distensi perut yang parah dan menyakitkan setelah konsumsi karena peningkatan volume dan tekanan dalam saluran pencernaan. Pasien akan mengalami rasa sakit yang luar biasa akibat tekanan tersebut.

Kenaikan tekanan ini biasanya menyebabkan nekrosis jaringan dan pecahnya lambung di kelengkungan perut yang lebih rendah dan membutuhkan pembedahan.

"Kira-kira kalau kita misalnya tidak sengaja tertelan satu sendok makan misal 10 ml, akan menjadi 7 liter volumenya. Bisa dibayangkan satu sendok makan menjadi 7 liter,'' terangnya dalam webinar daring, Rabu (11/1).

Selain itu paparan nitrogen cair pada kulit juga bisa menyebabkan luka bakar dingin yang parah dan radang dingin. Bahkan jika asap nitrogen cair terhirup, ini bisa menyebabkan mual dan pusing.

"Saat dikonsumsi, anak-anak dan remaja sangat suka karena bisa mengeluarkan asap dari hidung atau napas naga 'dragons breath'. Kalau dilihat dari praktiknya, risikonya ya ini kalau tersedot atau menghirup nitrogen cair yang menjadi uap," katanya.

Fungsi Nitrogen Cair Pada Makanan untuk Apa Sih?


Sesuai regulasi peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Nomor 20 tahun 2020, nitrogen cair digunakan sebagai bahan penolong proses.

"Apa arti bahan penolong proses? Jadi, nitrogen cair itu disebut cryogenic, senyawa yang mampu mempercepat proses suatu produk. Jadi menurunkan suhu yang luar biasa. Jadi kalau menggunakan freezer, itu menggunakan energi listrik untuk menurunkan suhu yang luar biasa. Suhunya bisa -20, -40. Lah kalau nitrogen cair ini -200, jadi bisa sangat mudah untuk membekukan pangan," ucap Andarwulan.

Apabila fungsi dari nitrogen cair tersebut sudah selesai, senyawa tersebut harus semaksimal mungkin dihilangkan dari suatu produk, dan tak boleh ada sepeserpun residu yang tersisa.

"Jadi produk pangan itu harus tidak boleh lagi mengandung nitrogen cair saat dikonsumsi maupun dijajakan. Itu ada persyaratan bahan penolong pada umumnya," kata Andarwulan.

"Ada bahan penolong proses yang sangat mungkin tidak mungkin dihilangkan, mungkin ada residu. Berapa residu nitrogen cair? Belum ada regulasi sampai saat ini yang menyebutkan maksimal residu limit untuk nitrogen cair. Tapi guidelines-nya, nitrogen cair tadi harus hilang semua," sambungnya lagi.

Baca artikel detikHealth, "Dikaitkan 'Chiki Ngebul', Apakah Nitrogen Cair Aman Dikonsumsi?" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6509514/dikaitkan-chiki-ngebul-apakah-nitrogen-cair-aman-dikonsumsi.

Chiki Ngebul Cikibul Viral Anak Keracunan Tasik Bekasi Viral MMRS Ryan bayusantika ristandi SNC Tasikmalaya Nitrogen Cair


Loading...