Ibu Hamil Dianjurkan Untuk Membaca Doa ini Agar Tidak Mual dan Diberikan Kesehatan

Ibu Hamil Dianjurkan Untuk Membaca Doa ini Agar Tidak Mual dan Diberikan Kesehatan
Tribun Jateng
Editor: Malda Life Style —Rabu, 11 Januari 2023 09:53 WIB

Terasjabar.id - Mual dan muntah memang biasa dialami oleh para ibu yang tengah mengandung terutama di trimester pertama. Namun, tenang saja karena mual dan muntah yang dialami ibu hamil akan berangsur-angsur reda seiring berjalannya usia kehamilan. Selain menjaga kesehatan, dalam Islam juga dianjurkan untuk berdoa saat mual. Berikut doa agar tidak mual muntah saat hamil. 

Dalam Islam, doa yang dipanjatkan juga dimaksudkan untuk menjaga diri dari hal yang berbahaya termasuk mual muntah saat hamil. Meskipun mual muntah saat hamil adalah hal yang bisa dialami oleh ibu hamil, tetapi dengan membaca doa itu diharapkan bayi dalam kandungan beserta ibunya selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Selama mengandung, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak zikir. Karena berdasarkan penelitian, terapi zikir sangat berpengaruh terhadap tingkat kecemasan pada ibu hamil. Zikir juga dapat mendekatkan seseorang kepada Allah SWT. Dengan berdzikir juga membuat ibu hamil semakin yakin jika semua bisa dihadapai atas bantuan Allah SWT. 

Doa Agar Tidak Mual Muntah Saat Hamil 

Sebenarnya, tidak ada doa khusus agar tidak mual muntah saat hamil. Namun para ibu yang mengalami mual dan muntah saat hamil bisa membaca doa berikut. 

1. Doa agar tidak mual muntah dan bayi diberi kesehatan 

Allahummah fazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa’an illa syifaa ‘uka syifaa‘an laa yughaadiru saqamaa 

Artinya: “Ya Robb, aku memohon kepada-Mu untuk selalu melindungi bayi dalam kandunganku ini. Berikanlah kesehatan kepada bayiku dan juga denganku. 

Sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh dari segala penyakit pada hamba-Mu. Tidak ada kesehatan untuk badan bagi kami selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lainnya.” 

2. Doa agar tidak mual muntah dan bisa menghadapi kepayahan saat hamil 

Kondisi setiap ibu hamil pasti berbeda-beda, tak jarang ibu hamil akan merasakan lemah selama kehamilan berlangsung. Untuk menghadapi situasi tersebut, ibu hamil bisa membaca doa berikut: 

Allaahumma ‘aafini fii badanii wa ‘aafinii fii sami’ii wa ‘aafini fii basharii 

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kesehatan bagi tubuhku, berikan kesehatan bagi pendengaranku, serta berikanlah kesehatan bagi penglihatanku.” 

3. Doa agar tidak mual muntah dan janin dikuatkan 

Selain kondisi ibu, penting untuk memperhatikan kondisi janin yang ada dalam kandungan. Untuk memperkuat janin selama masa mual dan muntah, ibu hamil bisa membaca doa berikut: 

Bismillahilladziilaailaaha illaa huwal haliimul kariimu rabbil ‘arsyil ‘adzimhiim. La illaaha illallaahu wabbus samaawaati wa rabbul ‘ arsyil ‘adziim 

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, Yang Maha Penyabar, Maha Mulia, Tuhan yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah SWT, Tuhan semesta langit dan bumi dan Tuhan yang Maha Agung.” 

4. Membaca Al-Fatihah 

Al-Fatihah merupakan surah pertama dalam Al-Qur’an yang memiliki keistimewaan dan banyak hikmah. Para ibu hamil bisa mengandalkan surah Al-Fatihah ini sebagai doa agar tidak mual muntah saat hamil, sekaligus memohon keselamatan ibu dan buah hati. Ibu hamil dapat mengamalkan surat Al Fatihah sebanyak 7 kali dalam sehari. 

5. Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah 

Ibu hamil disarankan untuk membaca dua ayat terakhir dalam Surat Al-Baqarah sebagai doa untuk menghilangkan mual saat hamil. Ayat-ayat yang ada bisa memberikan perlindungan kepada ibu dan juga janin agar diberi keselamatan hingga masa persalinan nanti. 

6. Membaca Ayat Kursi 

Ayat kursi merupakan ayat yang berisi tentang kekuasaan Allah SWT, sehingga memiliki banyak sekali hikmah di dalamnya termasuk untuk ibu hamil. Ayat kursi juga bisa menjadi doa agar tidak mual muntah saat hamil serta menjaga keselamatan dan kesehatan ibu dan calon buah hati. Doa ini juga terkenal sebagai ayat yang sangat istimewa karena banyak membahas tentang kemuliaan Allah SWT. Ayat kursi bisa dibaca setiap selesai sholat, mau tidur dan setelah tidur. 

7. Membaca Al-Insyirah 

Al-Insyirah mempunyai arti “kelapangan” dan kerap kali digunakan sebagai doa untuk memohon kekuatan serta kemudahan ketika seseorang tengah mengalami kesulitan hidup seperti gangguan kesehatan. Oleh karena itu, surat ini bisa menjadi pilihan doa selanjutnya untuk menghilangkan mual saat hamil. Anda bisa mengamalkan rutin setiap hari agar dijaga dan dilindungi Allah SWT. 

Demikian tadi beberapa doa agar tidak mual muntah saat hamil. Untuk ibu hamil jangan lupa mengamalkannya ya! (Sumber: Suara.com)

Ibu Hamil manfaat Kesehatan Buah Belimbing Doa Ibu Hamil Zikir Berdoa


Loading...