Harga Emas Semakin Naik di Awal Minggu Ini, Emas Antam Juga ?

Harga Emas Semakin Naik di Awal Minggu Ini, Emas Antam Juga ?
Kompas.com
Editor: Malda Life Style —Selasa, 10 Januari 2023 13:11 WIB

Terasjabar.id - Harga emas naik pada awal minggu ini dengan terbang ke level tertinggi tujuh bulan setelah The Fed lebih kalem dalam menaikkan suku bunga acuannya demi menjinakkan laju inflasi.

Sementara itu di dalam negeri harga emas keluaran Antam pada hari ini, Selasa (10/1/2023) tercatat Rp 1.035.000 per gramnya, naik tipis Rp 2.000 dari kemarin.

Jika dilihat dalam sepekan terakhir, harga emas Antam bergerak di rentang Rp 1.022.000 - 1.035.000. Sementara dalam sebulan terakhir, harganya pun cenderung fluktuatif di rentang harga Rp 998.000 - 1.035.000.

Harga logam kuning melonjak pada hari Jumat setelah data dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan nonfarm payrolls AS tumbuh pada laju paling lambat dalam setahun di bulan Desember. Pembacaan untuk dua bulan sebelumnya direvisi lebih rendah, sementara pertumbuhan upah juga mereda.

Pembacaan tersebut meredakan kekhawatiran bahwa pasar pekerjaan AS yang terlalu panas akan mencegah pelonggaran inflasi lebih lanjut tahun ini, dan mendorong ekspektasi bahwa Federal Reserve akan melunakkan sikap hawkishnya lebih cepat dari yang diperkirakan, membiarkan tekanan pada emas dan aset non-yielding lainnya.

Dolar melemah lebih lanjut pada hari Senin setelah membalikkan sebagian besar kenaikan minggu lalu pada data gaji, sementara imbal hasil Treasury 10-tahun juga turun.

“ Fokus pasar beralih ke data inflasi indeks harga konsumen AS yang akan dirilis pada hari Kamis untuk petunjuk lebih lanjut tentang jalur suku bunga AS. Inflasi CPI diperkirakan akan turun ke level terendah pada bulan Desember, menunjukkan bahwa serangkaian kenaikan suku bunga yang tajam oleh Fed pada tahun 2022 memiliki efek yang diharapkan,” kata Gema Merdeka Goeyardi President and Founder at Astronacci Aviatio dalam catatan hariannya.

Kenaikan suku bunga ini memukul harga emas tahun lalu, karena mendorong biaya peluang untuk memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil. Tetapi logam kuning mengalami kebangkitan minat selama sebulan terakhir, dengan permintaan safe haven juga kembali bermain di tengah kekhawatiran potensi resesi pada tahun 2023.

The Fed sekarang diharapkan untuk lebih memperlambat laju kenaikan suku bunga, dengan mayoritas pedagang memperkirakan kenaikan hanya 25 basis poin pada bulan Februari. Tetapi bank sentral telah memperingatkan bahwa itu dapat mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama.(Sumber: Suara.com)

Emas Antam The Fed Suku bunga Inflasi


Loading...