Diguncang Gempa 7,9 Magnitudo, Kondisi Infrastruktur di Maluku Disebut Dalam Kondisi Baik

Diguncang Gempa 7,9 Magnitudo, Kondisi Infrastruktur di Maluku Disebut Dalam Kondisi Baik
Komando Bhayangkara
Editor: Malda Hot News —Selasa, 10 Januari 2023 10:46 WIB

Terasjabar.id - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,9 terjadi di Kawasan Maluku serta kepulauan sekitarnya pada Selasa (10/1/2023) dini hari. Guncangan hebat ini menimbulkan peringatan Tsunami di wilayah tersebut.

Pasca gempa bumi tersebut, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub memastikan sarana dan prasarana serta fasilitas pelabuhan  di wilayah Maluku dalam kondisi baik dan aman.

Selain pelabuhan, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) juga dalam kondisi baik.

"Pasca kejadian gempa bumi, berdasarkan laporan yang diterima dari para kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah Maluku, pelabuhan dan SBNP yang ada di Maluku dalam keadaan baik dan aman," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha dalam keterangannya, Selasa (10/1/2023).

Meski begitu, Arif mengingatkan, agar jajarannya di lokasi yang terkena gempa untuk tetap waspada dan siaga terhadap gempa susulan yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan menginstruksikan untuk terus melakukan pengawasan dan pengecekan jika ditemukan adanya kerusakan pasca gempa bumi tersebut di pelabuhan.

"Selain itu harus siap membantu jika fasilitas pelabuhan dibutuhkan untuk proses evakuasi atau penyaluran bantuan," kata dia.

Arif juga memastikan, saat ini pelayanan transportasi laut juga berjalan normal, namun para petugas harus tetap waspada dan tetap mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Akan tetapi saya meminta kepada seluruh petugas yang bekerja agar tetap selalu waspada dan siaga serta tetap mengutamakan keselamatan dalam pelayaran," imbuh Arif.

Adapun sesuai Keputusan Menteri Perhubungan KP. 432 tahun 2017 tentang Rencana Induk Pelabuhan Nasional,  total pelabuhan yang ada di wilayah Maluku sebanyak 68 pelabuhan dan wilayah Maluku Utara sebanyak 60 pelabuhan.

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berada di kedalaman 131 kilometer dengan koordinat: 7.25 LS-130.18 BT (Pusat gempa berada di laut 148 km BaratLaut MALUKUTENGGARABRT) (Sumber: Suara.com)

Gempa Maluku SBNP Viral Arif Toha Jenderal Perhubungan Laut


Loading...