Digitalisasi Percepatan Penanganan Stunting di Jabar

Digitalisasi Percepatan Penanganan Stunting di Jabar
Editor: Malda Hot News —Selasa, 10 Januari 2023 09:57 WIB

Terasjabar.id – Komitmen Bersama “Pemerintahan Digital untuk Penanganan Stunting” Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 ditandatangani oleh Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, dan 27 Sekda kabupaten/ kota se Jabar, di Aula Bappeda Jabar Jl Setiabudi Bandung, Senin(9/01/2023).
Ditandatanganinya komitmen bersama ini kata Sekda Jabar Setiawan, menunjukan perhatian pemerintah begitu besar dalam upaya percepatan pengurangan angka stunting.Sebab hal itu dapat memengaruhi kualitas anak dimasa mendatang.


Dikatakan, isi komitmen bersama tersebut, 1. Memanfaatkan Teknologi Digital melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk Percepatan Penurunan Stunting. 2. Mereplikasi Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting yang Telah Dilakukan Oleh Kabupaten Sumedang Sebagaimana Arahan Presiden Republik Indonesia.

3. Bupati Kabupaten Sumedang Memberikan Asistensi dan Pendampingan Implementasi Pemanfaatan Teknologi Digital Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk Percepatan Penurunan Stunting Kepada 26 kabupaten/kota di Jawa Barat. Keempat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat Mendukung dan Ikut Serta dalam Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sebagai Upaya Percepatan Penurunan Stunting Pada 27 kabupaten/kota.

Gambar

Penandatangan dilakukan juga oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan, Stunting bukan masalah kesehatan melainkan apa yang akan diwariskan kepada anak cucu kita. Untuk langkah penanganan dilakukan Digitalisasi dalam upaya Penurunan Stunting dengan Sistem Informasi Stunting Terintegrasi (Simpati) dari Kabupaten Sumedang. Simpati ini menyediakan data balita dan cakupan intervensi percepatan penurunan stunting yang cepat, dinamis dan akurat. (H WAWAN JR)

Stunting Jabar Digitalisasi Setiabudi bandung SPBE


Loading...