Berikut Beberapa Amalan Sunnah Hari Jumat

Berikut Beberapa Amalan Sunnah Hari Jumat
Ilustrasi (Tribun Makassar : Google)
Editor: Epenz Life Style —Jumat, 6 Januari 2023 13:21 WIB

Tersjabar.id - Dalam Islam, Hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Islam mengajarkan agar pada hari Jumat umat Muslim melakukan banyak amalan sunnah. Lantas, apa saja amalan sunnah hari Jumat? Berikut ini ulasannya.

Diketahui, anjuran mengenai amalan sunnah pada hari Jumat ini tertuang dalam hadits Rasulullah yang bunyinya sebagai berikut: 

Artinya: "Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga." (HR Muslim).

Nah bagi umat Muslim yang akan melakukan amalan sunnah hari Jumat, mari simak berikut amalan sunnah yang diajurkan oleh syariat Islam.


1. Perbanyak berdoa

Hari Jumat disebut menjadi hari paling istimewa dan menjadi hari yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa pada hari Jumat. Selain itu, dianjurkan juga untuk banyak bershalawat.

2. Bershalawat

Pada hari Jumat juga disunahkan untuk perbanyak membaca bershalawat. Karena pada hari tersebut, Rasulullah SAW berpesan pada umatnya agar perbanyak bersholawat di hari Jumat. Sejumlah ulama menyebutkan, bagi yang tidak dzikir di hari Jumat, maka dapat mengganntinya dengan bersholawat.

3. Bersedekah

Hari Jumat juga disebut sebagai hari paling baik untuk mengeluarkan sedekah. Seperti diketahui, sedekah merulaka amalan yang memiliki pahala melimpah. Oleh karena itu, jika bersedekah di hari Jumat, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

4. Baca Surat Al Kahfi

Membaca surat Al Kahfi yang terdiri 110 ayat juga jadi salah satu amalan sunnah yang bisa kamu lakukan di hari Jumat. Surat ini memiliki keutamaan bahwa siapapun yang membacanya secara rutin maka akan mendapat pertolongan Allah SWT.

Jika sulit untuk membacanya sekaligus, maka kamu boleh membacanya secara bertahap. Misal, 1 halaman usai shalat subuh, 2 halaman usai shalay dzuhur, dan sisanya bisa dibaca selepas shalat asar, maghrib, dan Isya.

5. Berziarah

Amalan lainnya yang juga dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat yaitu berziarah kubur ke makam keluarga atau ke makam para ulama. Berziarah kubur berarti kita mendoakan orang-orang yang ada di dalam kubur dengan membaca tahlil, alfatihah, dan surat Yasin.

Demikian ulasan mengenai beberapa alaman sunnah hari Jumat sesuai ajaran Islam yang bisa diamalkan oleh umat Muslim. Semoga informasi ini bermanfaat.

Disadur dari Suara.com 

Hari Jumat Umat Muslim Sunnah


Loading...