VIRAL Ikan Bluefin Tuna 200kg Berhasil Terjual Rp 4,2 Miliar ! Kualitasnya Jempolan

VIRAL Ikan Bluefin Tuna 200kg Berhasil Terjual Rp 4,2 Miliar ! Kualitasnya Jempolan
Ikan Bluefin Tuna Dilelang Rp 4,2 Miliar. Foto: KYODO via Japan Today
Editor: Malda Life Style —Jumat, 6 Januari 2023 11:32 WIB

Terasjabar.id - VIRAL Ikan Bluefin Tuna 200kg Berhasil Terjual Rp 4,2 Miliar ! Kualitasnya Jempolan 

Pelelangan ikan bluefin tuna kembali diadakan di pasar ikan Toyosu, Jepang. Tahun ini seekor ikan tuna seberat 212 kilogram berhasil terjual Rp 4,2 miliar!
Ikan bluefin tuna adalah ikan istimewa berharga fantastis di Jepang. Penjualan ikan ini umumnya dalam proses lelang karena banyak yang memperebutkan dengan penawaran harga tinggi.

Para chef dan pemilik restoran sushi berkumpul untuk mengincar ikan tuna sirip biru ini karena kualitasnya yang jempolan. Secara berkala, penjualan ikan bluefin tuna pun diadakan di pasar ikan terkenal di Tokyo, Toyosu.


Mengutip Japan Today (5/1), baru-baru ini pelelangan ikan bluefin tuna dalam rangka tahun baru berlangsung di sana. Seekor ikan seberat 212 kilogram jadi primadona. Ikan ini ditangkap di pelabuhan Oma, Prefektur Aomori.


Ikan bluefin tuna ini berhasil didapatkan pedagang ikan grosir menengah di Tokyo, Yamayuki dan perusahaan yang menaungi restoran Sushi Ginza Onodera. Mereka membayar hingga 36 juta yen atau sekitar Rp 4,2 miliar!

Presiden Yamayuki, Yukitaka Yamaguchi berkomentar bahwa ikan bluefin tuna yang didapatnya, sejauh ini merupakan yang terbaik. "Saya ingin membuat beberapa berita positif karena (dampak dari) pandemi virus Corona berangsur-angsur mereda. Harganya pas untuk penjualan pertama musim ini," kata Yamaguchi.

Untuk diketahui, harga 36 juta yen ini jauh meningkat dari harga pelelangan bluefin tuna tahun lalu. Di tempat yang sama, ikan tuna spesial ini hanya terjual 16,8 juta yen atau sekitar Rp 1,9 miliar.

Akifumi Sakagami, kepala chef Ginza Onodera mengungkap, "Saya ingin berterima kasih kepada mereka yang mengantarkan tuna yang luar biasa ini. Orang yang memakannya pasti akan puas."
Lelang tahun ini dimulai sekitar pukul 5:10 pagi, satu jam setelah tuna diantar ke lokasi. Lelang ini memicu interaksi menarik antara penawar dan pembeli.

Sebelumnya, harga fantastis ikan bluefin tuna yang terjual dalam pelelangan memang kerap mencuri perhatian. Pada 2019, di Pasar Toyosu terjual ikan bluefin tuna seberat 278 kilogram dengan harga Rp 43 miliar!

Pembelinya saat itu adalah pebisnis kuliner bernama Kiyoshi Kimura. "Saya membeli ikan tuna berkualitas. Harganya lebih tinggi dari perkiraan, tapi saya berharap para pelanggan kami akan melahap ikan tuna berkualitas ini," ujar pemilik Kiyomura Co itu pada 2019.

Baca artikel detikfood, "Gokil! Ikan Bluefin Tuna Terjual Dalam Lelang Seharga Rp 4,2 Miliar" selengkapnya https://food.detik.com/info-kuliner/d-6501185/gokil-ikan-bluefin-tuna-terjual-dalam-lelang-seharga-rp-42-miliar.

Tuna Ikan Tuna di Jepang harga Lelang 212 Kg Sushi


Loading...