Awal Mula Penamaan Wisata ''Pasir Heunceut'' di Ciamis, Gara-gara Mandor Belanda Berhubungan Badan Dengan Penyadap Karet ?

Awal Mula Penamaan Wisata ''Pasir Heunceut'' di Ciamis, Gara-gara Mandor Belanda Berhubungan Badan Dengan Penyadap Karet ?
harapan rakyat
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 6 Januari 2023 10:18 WIB

Terasjabar.id Pasir Heunceut Ciamis viral karena namanya nyeleneh bagi orang Sunda. Dalam bahasa Sunda Heunceut adalah adalah alat vital wanita atau Miss V sedangkan pasir adalah bukit.

Sejatinya memang sebuah objek wisata di Kabupaten Ciamis tepatnya di Dusun Cipeundeuy, Desa Margaharja, Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Apa arti sebuah nama itu ungkapan Wa Emun warga Sukadana Ciamis ketika ditanya sejarah kenapa namanya ngak sopan banget.

Tapi memang begitu warga setempat menyebutnya sejak dulu. Meski namanya porn namun memiliki potensi wisata yang indah.

Tarlim (63), sesepuh yang juga Ketua RW Dusun Cipeundeuy menjelaskan asal muasal kawasan ini dimanakan Pasir Heunceut.

Ceritanya sejak tahun 1948, ketika Agresi Militer Belanda ke II saat itu banyak pendatang ke lokasi itu yang bekerja sebagai penyadap karet.

Mayoritas pekerja itu adalah kaum perempuan. Namun ada mandor dari pekerja karet itu suka mengajaknya ke semak-semak sekitar kebun karet.

“Jadi waktu dulu itu, setiap ada pegawai yang cantik, mandor suka mengajak perempuan cantik itu. Ngapainnya itu memang tidak tahu. Hanya saja sangkaannya tidak baik, tempat memadu cinta seperti itu. Jadilah istilah nama Bukit jati Pasir Heunceut ada sampai sekarang,” kata Tarlim, Jumat (23/12/2022).

Ketika itu Indonesia mereka. Pada pendatang pun pergi seiring dengan kepergian Belanda. Warga yang takut Belanda kembali menjajah, kemudian menebang pohon karet.

“Warga menebang pohon karet. Tapi sebutan Pasir Heunceut untuk bukit ini tetap ada,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dusun Cipeundeuy Eman Sulaeman mengatakan rencananya Bukit Pasir Heunceut ini akan menjadi destinasi wisata.

“Rencana ada, sekarang ada pembangunan balai untuk rapat. Bertahap,” jelasnya. 

Sebutan Pasir Heunceut sendiri memiliki cerita. Penamaannya terjadi pada zaman penjajahan Belanda. Memang  lokasi tersebut merupakan kebun karet dengan luas sekitar 250 hektare.(Sumber: independenmedia.id)

Pasir Heunceut ciamis Viral Jawa Barat Wisata Belanda Mandor Kaum Perempuan Miss V


Loading...