Klarifikasi Nadia Hawasy Membaca Al Quran Tapi Disawer ''Saya Marah, Kesal dan Tegur Panitia''

Klarifikasi Nadia Hawasy Membaca Al Quran Tapi Disawer ''Saya Marah, Kesal dan Tegur Panitia''
Umma.ID
Editor: Malda Teras Viral —Kamis, 5 Januari 2023 15:36 WIB

Terasjabar.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam aksi menyawer terhadap qoriah bernama Nadia Hawasy yang sedang membaca Al-Qur'an dalam sebuah acara di Pandeglang, Banten. Nadia pun buka suara memberikan penjelasan.


Nadia membenarkan video yang beredar qoriah disawer itu adalah dirinya. Menurut Nadia, saat itu dirinya diundang untuk mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai qoriah.

"Sebelumnya saya mau klarifikasi sedikit masalah video viral saya ngaji disawer itu. Saya hanya diundang ke acara tersebut untuk mengisi acara Maulid Nabi saya sebagai qoriah-nya," kata Nadia kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).


Nadia menyebut awalnya tidak mengetahui jika panitia bakal menyawer dirinya ketika sedang mengaji. Saat disawer, Nadia posisinya belum selesai melantunkan ayat suci Al-Qur'an.

"Saya pun tidak tahu kalau pada saat saya ngaji panitia baik laki-laki maupun perempuan akan sawer saya. Dan pada saat saya disawer itu posisinya saya masih ngaji belum selesai," ucapnya.

"Tidak mungkin saya mau langsung tegur atau saya langsung berhenti turun dari panggung karena itu termasuk adab dalam membaca Al-Qur'an," tambahnya.

Nadia sebetulnya merasa kesal karena disawer saat sedang mengaji. Menurutnya, setelah selesai membaca Al-Qur'an, ia langsung turun dari panggung dan menegur panitia acara tersebut.

"Pada saat saya disawer itu saya memang marah dan kesal sekali, nggak lama setelah saya disawer saya langsung sodaqallah turun dari panggung, baru saya langsung tegur panitia nya. Jadi sebetulnya panitia yang salah, nggak menghormati kita sebagai pembaca Al-Qur'an," imbuhnya.

Viral Qoriah di Banten Disawer


Viral sebuah video yang menunjukkan seorang qoriah disawer duit saat melantunkan ayat suci Al-Qur'an. MUI pun mengecam atas aksi saweran terhadap qoriah tersebut.

Dilihat detikcom dari video yang beredar, Kamis (5/1/2023), qoriah tersebut sedang membaca Al-Qur'an dalam sebuah acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara itu disebut digelar di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Saat qariah melantunkan ayat suci Al-Qur'an, naik ke atas panggung dua orang pria pakai baju koko dan berpeci. Kedua pria itu lalu mengeluarkan uang dari sakunya dan menyawerkannya.

Kedua pria penyawer itu tampak melempar-lemparkan uang di depan sang qariah. Tak hanya 'melempar-lemparkan' uang, bahkan satu pria menyawer qariah tersebut dengan cara menyelipkan uang di kerudung sang qariah. Meski begitu, qariah tetap melanjutkan pembacaan Al-Qur'an.


MUI Mengecam
Beredarnya video aksi sawer terhadap qariah di Pandeglang itu membuat geram Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis. Dia mengecam aksi sawer tersebut dan menilai hal tersebut perbuatan yang haram.

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan," kata Cholil dalam cuitan di akun Twitter pribadinya.

Cholil meminta perbuatan tidak terpuji tersebut untuk dihentikan. Sebab, kata dia, aksi sawer terhadap qariah merupakan perbuatan yang bertentangan, tak menghargai ayat-ayat suci Al-Qur'an yang tengah dibaca qariah.

"Hentikan acara dan perbuatan seperti ini. Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yang baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qariah," imbuhnya.

Baca artikel detiknews, "Viral Disawer Saat Baca Al-Qur'an, Qariah Nadia Hawasy: Saya Marah Sekali!" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6500019/viral-disawer-saat-baca-al-quran-qariah-nadia-hawasy-saya-marah-sekali.



Al Quran disawer Maulid Nabi Muhammad SAW Pandeglang Mengaji Nadia Hawasy


Loading...