Bahan Bakar Pertalite Berwarna Oren Mirip Jus Jeruk di SPBU Rengasdengklok Bisa Buat Kendaraan Rusak !

Bahan Bakar Pertalite Berwarna Oren Mirip Jus Jeruk di SPBU Rengasdengklok Bisa Buat Kendaraan Rusak !
Suara Purwasuka
Editor: Malda Hot News —Kamis, 5 Januari 2023 15:13 WIB

Terasjabar.id - Pertalite di SPBU Rengasdengklok bikin heboh karena warnanya berubah. Pertalite yang seharusnya memiliki warna hijau jernih dan terang terlihat punya warna kuning seperti jus jeruk. BBM itu benar Pertalite namun ternyata sudah tercampur dengan air yang merembes ke tangki.
Bercampurnya Pertalite dengan air itu membuat motor warga yang mengisi BBM di SPBU tersebut mogok. Ia juga mengeluhkan kondisi tersebut ke SPBU.

"Konsumen tersebut menguji kondisi motornya dengan mengambil sampel BBM yang masuk ke tangki motor dan benar tercampur dengan air. Kondisi ini dibenarkan oleh mekanik yang sengaja didatangkan pihak SPBU untuk melakukan pengecekan," jelas Area Manager Communcation, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan saat dikonfirmasi detikOto.

Kemudian saat dilakukan pengecekan, ternyata tangki penyimpanan BBM terdapat rembesan air hujan. Kendati demikian, saat ini kondisinya sudah mulai steril. Pihak SPBU juga telah mengecek ulang sekaligus mengeringkan dari sisa air. Konsumen yang dirugikan tersebut juga telah diberikan kompensasi.

Untuk penanganan lebih lanjut, SPBU berhenti beroperasi. Konsumen di sekitar yang hendak diimbau untuk mengisi ke SPBU 34.413.25 dan SPBU 34.413.31.

"Pengelola SPBU telah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dari Polsek Rengasdengklok. Saat ini SPBU berhenti beroperasi untuk penanganan lebih lanjut dan untuk layanan pengisian BBM masyarakat dapat ke SPBU terdekat yaitu SPBU 34.413.25 dan SPBU 34.413.31 Rengasdengklok," jelas Eko.

Adapun, tercampurnya air dalam BBM tentu membahayakan mesin kendaraan. Mengutip laman Dunlop Indonesia, keberadaan air bisa menimbulkan karat di tangki. Tangki yang berkarat memicu kotoran mengendap. Kotoran itu bisa membuat mesin kotor dan membuatnya rusak. Dampak lain yang berpotensi muncul adalah tangki akan bocor.

Bahan bakar yang tercampur air juga membuat efisiensi pembakaran berkurang. Akibatnya, performa kendaraan menurun. Akselerasi kendaraan juga melorot dan konsumsi BBM jadi lebih boros. Kalau air terlalu banyak, mesin bakal mati dan kendaraan tidak bisa beroperasi dengan normal.

Baca artikel detikoto, "Pertalite Mirip Jus Jeruk di SPBU Rengasdengklok, Bikin Motor Mogok" selengkapnya https://oto.detik.com/berita/d-6499717/pertalite-mirip-jus-jeruk-di-spbu-rengasdengklok-bikin-motor-mogok.

Pertalite SPBU Rengasdengklok Viral Bensn Oren BBM Bahan Bakar Tangki BBM Pertamina


Loading...