Bupati Kuningan Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat di HPN

Bupati Kuningan Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat di HPN
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 5 Januari 2023 10:09 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Bupati Kuningan H Acep Purnama ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan dan masuk 10 terbaik, setelah menyampaikan Ekspose Anugerah Kebudayaan (AK) PWI Pusat 2023, dengan mengusung tema "Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alam, Mapag Swasembada Pangan” di hadapan Para Juri di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (4/1/2023).
Dihadapan Tim Juri AK-PWI Pusat 2023, Presentasi yang disampaikan Bupati Acep, mengacu pada tema “Inovasi Pangan, Sandang, Papan, Berbasis Informasi dan Kebudayaan”.
Tampil sebagai Tim Juri AK-PWI 2023, diantaranya Ninok Leksono Rektor Universitas Multimedia Nusantara, Nungki Kusumastuti, Dosen IKJ, Agus Dermawan pengamat dan penulis buku budaya seni dan cerpenis, Atal S. Depari Ketua PWI Pusat, dan Yusuf Susilo Hartono wartawan senior penggagas dan pelaksana AK PWI.

Bupati Kuningan Acep Purnama dalam presentasinya menyampaikan, budaya akan menjadi sesuatu ciri khas. Dengan itu kebudayaan ini harus memiliki nilai-nilai yang harus diperhatikan sebagai jati diri ditengah kemajuan yang lain. Termasuk pengelolaan pertanian dalam swasembada pangan dengan memperhatikan nilai tersebut, paparnya dihadapan Tim Juri.

Gambar

Berbagai prodak unggulan berupa olahan pangan dihadirkan, seperti olahan ubi jalar/ubi ungu, kripik, bolu, peuyeum ketan, kopi, minuman jeruk nipis, rengginang, kripik gadung, keripik pisang, dan lainnya.
Secara umum, Kabupaten Kuningan adalah sentra produksi tanaman pangan, seperti beras, jagung, ubi kayu dan ubi jalar, terang Acep. Namun produksi padi dan ubi jalar menunjukan trend yang masih meningkat dengan laju pertumbuhan rata-rata 2,39 % (padi), dan 1,01 % (ubi jalar) pertahun.
Sementara itu, "Di tengah ancaman krisis pangan di tingkat global, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan terus meningkatkan produksi, menjamin ketercukupan pangan di daerah, dan sekaligus memberikan kontribusi bagi daerah lain,” pungkas Bupati Acep.

Turut hadir mendampingi Bupati Kuningan, Drs.H. Ahmad Juber, M.Si Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan didampingi Sopyan Pamungkas, S.Hut, M.Si Kabid Pengolahan Hasil dan Konsumsi Pangan. Sementara dari Diskominfo Kab. Kuningan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Anwar Nasihin, S.Kom, M.Si. (H Aboy)

Bupati Kuningan Anugrah Kebudayaan PWI Pusat HPN viral


Loading...