Selain Masjid Al Jabbar, Ini 7 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Tidak Kalah Megah Dan Futuristik

Selain Masjid Al Jabbar, Ini 7 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Tidak Kalah Megah Dan Futuristik
Instagram Ridwan Kamil
Editor: Malda Life Style —Kamis, 5 Januari 2023 10:02 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selain sebagai seorang kepala daerah juga terkenal sebagai seorang arsitek. Ia mendalami profesi itu sebelum terjun ke pemerintahan.

Sebagai seorang arsitek, Ridwan Kamil pernah merancang sejumlah bangunan di dalam dan luar negeri.

Di antaranya bangunan yang pernah ia rancang, Kang Emil pernah merancang sejumlah masjid. Bangunan masjid terbaru yang ia rancang adalah Masjid Al Jabbar di Kota Bandung.

Sejak diresmikan pada Jumat (30/12/2022) lalu, masjid tersebut berhasil menyedot perhatian masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya, sebagai salah satu destinasi wisata.

Belakangan ini, Masjid Al Jabbar juga tengah menjadi perbincangan publik karena desain yang ikonik. Selain itu, pembangunan masjid ini juga diwarnai pro dan kontra karena pembiayaannya diduga menggunakan APBD.

Selain masjid Al Jabbar, masjid apa saja yang pernah dirancang Kang Emil? Berikut ulasannya.


Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Makassar, Sulawesi Selatan

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Mulai Dimanfaatkan, Gubernur Sulsel Siapkan Rp  45M untuk 2022 - Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

(Sumber: Google/ Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan)

Jika berkunjung ke Pantai Losari di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan terlihat sebuah bangunan unik yang berdiri di lahan reklamasi pantai tersebut.

Bangunan unik itu adalah Masjid Kubah 99 Asmaul Husna. Mungkin belum banyak yang tahu kalau masjid unik tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil.

Sesuai namanya, masjid tersebut memiliki 99 kubah yang ditata rapi sehingga terlihat megah. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna itu dibangun di atas lahan berukuran 72x45 meter dan memiliki sejumlah fasilitas.

Selain ruang salat utama, masjid itu juga memiliki semi basement yang digunakan untuk aktivitas penunjang masjid, di antaranya kantor yayasan, galeri Asmaul Husna, tempat wudu, dan toilet.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna diresmikan pada 2022 lalu dan bisa menampung 13 ribu jemaah.


Masjid Al-Mumtadz, Kabupaten Bandung

Ridwan Kamil Pamerkan Desain Masjid Al-Mumtadz, Megah Bak Taj Mahal

(Sumber: Gopgle/ Viva) 

Masjid Al-Mumtadz, tepatnya berada di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa barat. Masjid ini berdampingan dengan makam putra Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril.

Eril meninggal dunia di Bern, Swiss pada 2022 lalu. Penamaan Masjid Al-Mumtadz juga diambil dari nama putra sulung Kang Emil itu. Namun jika dilihat dari artinya, nama Al-Mumtadz bermakna sebagai masjid yang paling baik.


Masjid Al- Irsyad, Kabupaten Bandung Barat

Masjid Al-Irsyad Satya, Pusat Keislaman Kabupaten Bandung | Republika Online

Terletak di kawasan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Masjid Al Irsyad memiliki arsitektur yang unik.

Salah satu daya tarik masjid yang rampung dibangun pada 2010 ini adalah ruangan salat utama yang tidak memiliki dinding di depannya, sehingga orang sedang salat bisa langsung melihat ruang terbuka di hadapannya.


Keunikan lain masjid ini adalah sebuah batu bulat yang berukir lafaz Allah yang ada di tengah kolam dekat ruang salat utama.

Arsitektur masjid ini juga beda dengan yang lainnya yakni berbentuk kotak, yang terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah.

Sementara dinding masjid terbuat dari susunan bata bolong yang membentuk tulisan dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.


Masjid Al-Safar, Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi

Masjid Al Safar Mesjid Unik di Rest Area Cipularang KM 88 - SpotPedia

(Sumber: Google/ Spotpedia) 

Masih di Jawa Barat, jika melintas di Tol Purbaleunyi dan mampir ke res area KM 88, maka akan terlihat sebuah masjid yang megah di sana.

Masjid itu adalah Masjid Al Safar yang dirancang oleh Ridwan kamil dan diresmikan pada 2016 silam. Masjid tersebut memiliki desain yang unik, dimana bentuknya seperti kertas lipat origami.


Masjid Al Safar memiliki kapasitas 1.200 jamaah. Dan masjid ini juga pernah masuk dalam nominasi Abdullah Al-Fozam Awar, yang merupakan ajang penghargaan desain dan karya masjid di negara berpenduduk muslim di dunia.


Masjid Jami'e Darussalam, Tanah Abang, Jakarta

Melihat Masjid 'Segitiga' Lain Rancangan Ridwan Kamil di Tanah Abang

Masjib Jami’e Darussalam juga dikenal dengan sebutan Masjid Segitiga Tanah Abang karena bentuknya yang tak lazim, yakni berbentuk segitiga.

Adapun bentuk segitiga tersebut dirancang oleh Ridwan kamil sebagai gambaran keadaan dan cuaca di Indonesia yang khas dengan iklim tropisnya.

Masjid ini diresmikan pada 2015 lalu dan memiliki ruang utama di bagian atas, di dalamnya juga dilengkapi dengan mimbar dan dinding yang dihias tulisan kaligrafi.


Masjid Akbar Seribu Bulan, Banyumas, Jawa Tengah

Keren, Masjid Seribu Bulan Sabit Purwokerto Rancangan Ridwan Kamil. Ini  Penampakannya

Masjid Akbar Seribu Bulan saat ini masih dalam proses pembangunan di kawasan Kota baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Barat.

Masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini digadang-gadang menjadi masjid terbesar di Kabupaten Banyumas, dimana desainnya terinspirasi dari malam lailatul qadar.

Salah satu keunikan masjid ini adalah bangunannya yang terdiri dari tiga bangunan, dimana masing-masing bangunan yang menyerupai bulan sabit dalam bentuk banyak.


Masjid Syaikh 'Ajlin, Gaza, Palestina

Dirancang Ridwan Kamil, Masjid Syeikh Ajlin Palestina Mulai Dibangun -  Regional Liputan6.com

(Sumber: Google/ Liputan6.com)

Ini adalah salah satu masjid randangan Ridwan Kamil yang berada di luar Indonesia. Masjid Syaikh ‘Ajlin berada di Gaza, Palestina.

Desainnya mirip dengan PlayStation 5, dimana bangunannya terdiri dari tiga struktur yang berdampingan secara vertikal.

Konon katanya, desain bangunan masjid ini terinspirasi dari bambau runcing yang melambangkan semangat perjuangan dan keberanian.

Masjid Syakh ‘Ajlin ini merupakan sesuatu yang berharga bagi rakyat Gaza, sebab masjid ini pernah hancur karena serangan tentara Israel pada 2014 silam.(Sumber: Suara.com) 

Masjid Al Jabbar Viral Ridwan Kamil Peresmian Masjid Raya Al Jabbar Walikota Bandung Arsitek Provinsi Jawa Barat Kolam Sampah Sembarangan Ramai Masjid Rancangan Ridwan kamil


Loading...