8 Permainan Jadul Selain Lato-Lato yang Tidak Terlalu Berisik, Ada Congklak, Yoyo, Gasing dan Egrang !

8 Permainan Jadul Selain Lato-Lato yang Tidak Terlalu Berisik, Ada Congklak, Yoyo, Gasing dan Egrang !
theAsianparent
Editor: Malda Life Style —Kamis, 5 Januari 2023 09:42 WIB

Terasjabar.id - 8 Permainan Jadul Selain Lato-Lato yang Tidak Terlalu Berisik, Ada Congklak, Yoyo, Gasing dan Egrang ! 

Lato-lato atau dikenal dengan toktokan merupakan salah satu mainan jaman dulu atau jadul yang tren pada tahun 90-an. Kini lato-lato kembali viral, tapi masih ingatkah permainan jadul yang juga tak kalah asyik untuk dimainkan?

Tidak bisa dimungkiri, adanya era digital membuat permainan lato-lato yang sebelumnya terlupakan kini mulai kembali digandrungi masyarakat, bukan hanya anak-anak bahkan hingga dewasa.

Selain Lato-lato, ada beberapa permainan jadul seperti lompat karet, engklek yang membuat masa kecil menjadi bahagia

Untuk mengenang masa kecil itu,  Ada 8 permainan jadul yang bikin tentunya bisa membuat kangen.

1.Gasing

Gasing merupakan sebuah mainan yang bisa berputar pada poros dan memiliki kesetimbangan pada suatu titik.
Permainan gasing membutuhkan tanah yang keras karena gasing hanya berputar dengan maksimal pada tanah yang keras.

Zaman dulu, gasing terbuat dari kayu. Kini gasing bisa terbuat dari plastik bahkan hingga besi.

2. Congklak

Siapa yang saat kecil sering memainkan permainan satu ini? congklak zaman dulu sangat populer di tanah Jawa.

Congklak dimainkan dengan media papan kayu yang diberi lubang kemudian diisi dengan biji-bijian atau batu kecil yang disesuaikan dengan jumlah yang ditentukan.

3. Engklek

Permainan satu ini tak kalah asyik dimainkan lho. Cara bermainnya ini juga membutuhkan aktivitas fisik. Anak-anak akan melompati kotak tersebut dengan satu kaki setiap akan menapak pada 1 kotak dan meletakkan kedua telapak kaki jika berada pada 2 kotak berdampingan.

Cara bermainnya ialah dengan melempar potongan kecil batu pipih ke dalam kotak secara berurutan. Seseorang bisa memulai permainan jika lempengan tersebut berada dalam kotak yang dituju.

4. Petak Umpat

Petak umpat menjadi permainan yang sederhana bahkan tak perlu memerlukan alat dan bahan.

Aturan permainan ini yaitu salah satu pemain harus menjaga pos dengan mata terpejam, sementara pemain lainnya harus bersembunyi di tempat yang paling aman.

Setelah beberapa hitungan, penjaga pos harus mencari pemain yang bersembunyi. Penjaga harus menemukan semua pemain yang bersembunyi, jika semua pemain sudah ketemu maka permainan petak umpet selanjutnya baru dapat di mulai kembali dengan pergantian penjaga.

5. Egrang

Permainan egrang dilakukan dengan mencoba berjalan menggunakan dua tongkat dengan cara memijakkan kaki pada kedua batang bambu yang telah dibuat.

Setelah itu mulai melangkahkan kedua kaki sehingga dapat berjalan dengan menggunakan tongkat. Macam permainan tradisional ini dapat memberikan latihan keseimbangan fisik bagi para pemainnya. (Sumber: Cianjurekspres) 

6. Yoyo

Yoyo merupakan permainan dari zaman Yunani kuno. Mainan yoyo bisa terbuat dari Kayu atau Plastik dengan menggunakan tali.

Cara memainkannya dengan mengaitkan pengait tali di jari lalu Yoyo digerakkan agar meluncu ke bawah dan ditarik bergerak ke atas kembali.

Bermain Yoyo membutuhkan skill juga gaes. Bahkan ada kompetisi bermain Yoyo tingkat internasional.


7. Lilin Mainan

Mainan era 90-an yang tak kalah seru adalah lilin mainan dengan berbagai warna.

Bisa dibilang ini seperti Play Doh namun dalam versi ekonomis. Meski murah dan meriah tapi mainan ini juga seru karena kita bisa membuat beragam bentuk benda dengan lilin plastik.

8.Monopoli

Monopoli merupakan permaianan yang juga sempat ngehits di era 90-an. Ini merupakan permainan yang mengajarkan kita tentang bisnis.

Kita bisa membeli banyak properti seperti hotel dan rumah. Kita juga bisa membeli banyak bisnis yang bisa membuat kita kaya raya.

Sebenarnya masih banyak mainan jadul di era 90-an yang kalah seru dibanding Lato-lato yang lagi hits saat ini. (Sumber; HarianHaluan) 

Lato Lato Tiktok Ikonik Era 90 an Cara Memainkan Lato-lato Teknik Bermain Lato-lato Sejarah Lato Lato Viral permainan Jadul mainan jadul enggrang Viral Yoyo Gasing


Loading...