Berikut Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan saat Obesitas

Berikut Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan saat Obesitas
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 4 Januari 2023 15:27 WIB

Terasjabar.id -- Sebagian orang mungkin merasa sulit dalam menurunkan berat badan. Hal ini kemungkinan karena banyak orang melakukan cara menurunkan berat badan saat obesitas yang salah.

Padahal kalau mau melakukan cara yang benar, menurunkan berat badan akan terasa sangat menyenangkan lho.

Sebenarnya nggak perlu melakukan diet ketat hingga kelaparan dan menyiksa diri sendiri. Orang yang sedang menjalani program diet hanya butuh komitmen, disiplin, niat, dan semangat untuk menurunkan berat badan.

Kalau kamu termasuk orang yang ingin menurunkan berat badan demi bentuk tubuh yang ideal, dilansir dari Alodokter dan Hellosehat, berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan saat obesitas yang bisa kamu terapkan. Apa saja?
1. Minum Air Putih sebelum Makan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih sebelum makan ternyata dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Pasalnya, air yang kamu minum sebelum makan akan membuat kamu cepat kenyang, sehingga saat makan kamu nggak kalap.

Tidak hanya itu, air putih juga dapat mengatasi lapar palsu yang tiba-tiba menyerang. Jadi, siapkan banyak-banyak air putih di dekatmu ya.

2. Wajib Sarapan
Kata siapa diet berarti tidak boleh makan? Justru saat diet kamu nggak boleh meninggalkan waktu makan, terlebih sarapan.

Pasalnya sarapan penting dilakukan agar keinginanmu untuk ngemil berkurang. Lagi pula, sarapan akan membuatmu terhindar dari makan siang yang berlebihan.

3. Pilih Makanan yang Cocok untuk Diet

Saat diet kamu harus memilah-milah makanan yang mau kamu konsumsi. Lebih baik konsumsi makanan yang tinggi protein seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Makanan-makanan tersebut dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi.

Selain makanan tinggi protein, kamu juga wajib mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur, buah, makanan dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

4. Makan dalam Porsi Kecil

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa makan dalam porsi yang kecil dapat membuat kamu terbiasa makan sedikit. Alhasil kalori dalam tubuh juga akan berkurang. Coba makan 4-5 kali sehari dalam porsi kecil.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menurunkan berat badan saat obesitas yang benar. Jadi mulai sekarang, jangan mau menderita karena diet ya. Karena sebenarnya diet itu menyenangkan.

Disadur dari Suara.com 

Berat BAdan Cara Menurunkan Obesitas


Loading...