Berikut Beberapa Makanan dan Minuman Pemicu Kencing Manis yang Wajib Dihindari

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman Pemicu Kencing Manis yang Wajib Dihindari
(Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 4 Januari 2023 13:37 WIB

Terasjabar.id -- Mengonsumsi makanan manis memang enak, tapi kalau makanan tersebut termasuk daftar pemicu kencing manis, bisa bikin hidup jadi nggak enak nantinya. Sebab mencegah lebih baik daripada mengobati, maka kamu wajib membatasi makanan-makanan yang bisa memicu kencing manis.

Sebagai informasi, kencing manis atau diabetes terjadi karena tubuh kesulitan atau tidak mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan tubuh. Hal itulah yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi. Nah, agar kamu terhindar dari penyakit kencing manis, dilansir dari Hellosehat dan Alodokter, berikut ini beberapa makanan yang termasuk daftar pemicu kencing manis. Apa saja?

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Beberapa orang memang lebih suka mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi. Pasalnya makanan-makanan ini bisa memberikan rasa kenyang. Namun sayangnya, makanan seperti tepung putih, gula putih, dan nasi mengandung kadar gula yang tinggi.

Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat membuat kadar gula naik dengan cepat yang kalau dibiarkan maka akan mengakibatkan kencing manis. Untuk mengatasinya kamu bisa mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lainnya yang rendah gula.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Selain makanan dengan kadar karbohidrat tinggi, makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans juga termasuk daftar pemicu kencing manis.

Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans antara lain seperti daging berlemak, mentega, keju, dan susu berlemak.

Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi daging merah, karena makanan tersebut mengandung zat besi tinggi sehingga dapat merusak sel penghasil insulin. Hindari juga makanan yang digoreng dan dipanggang, karena makanan tersebut mengandung lemak trans.

3. Minuman Bersoda

Siapa, nih, yang suka banget minum minuman bersoda? Duh, sebaiknya dihindari mulai dari sekarang deh. Pasalnya, minuman bersoda termasuk dalam daftar pemicu kencing manis lho.

Perlu diketahui bahwa minuman bersoda mengandung gula tambahan yang bisa merusak gigi, menambah berat badan, dan memicu terjadinya kencing manis.

Minuman yang Ditambah Gula

Minum kopi, teh, atau susu memang kurang enak rasanya jika tidak ditambahkan gula. Namun sebaiknya, tambahkan gula sedikit saja atau kamu bisa menggantinya dengan gula rendah gula yang banyak dijual di pasaran.

Pasalnya, tambahan gula pada minuman tersebut dapat mempengaruhi gula darah dan berisiko obesitas.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja daftar makanan dan minuman pemicu kencing manis? Sebaiknya hindari dari sekarang, demi hidup yang lebih manis kemudian.

Disadur dari SUara.com dan Yoursay.id

Makanan Minuman Kencing Manis Pemicu


Loading...