Berikut Beberapa Manfaat Srikaya untuk Kesehatan!

Berikut Beberapa Manfaat Srikaya untuk Kesehatan!
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 31 Desember 2022 11:20 WIB

Terasjabar.id -- Meskipun punya rasa yang manis dan lezat, namun buah srikaya kurang diminati oleh kebanyakan orang. Jarang kita temui makanan atau minuman dengan rasa srikaya. Jarang juga kita bisa menemukan buah ini di toko buah. Meskipun buah ini tidak populer, namun siapa sangka ternyata srikaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dilansir oleh alodokter.com, berikut 6 manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga gula darah tetap stabil

Buah srikaya akan baik sekali manfaatnya bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi buah srikaya dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang.

2. Membersihkan kulit kepala

Tahukah kalian bahwa buah srikaya mempunyai manfaat yang sangat unik? Ternyata buah ini memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk membersihkan ketombe dan kutu.

Namun bukan dengan buahnya melainkan menggunakan ektrak biji srikaya yang dioleskan bersamaan dengan minyak kelapa.

Meski begitu, penggunaanya harus sangat berhati-hati karena jika terkena mata akan menyebabkan iritasi dan bahkan menyebabkan kerusakan mata seperti keratitis.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi buah srikaya juga mampu membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit dan infeksi.

Dalam buah srikaya terkandung begitu banyak vitamin C dan antioksidan polifenol, yang mana kedua senyawa tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

4. menjaga kesehatan sistem pencernaan

Untuk menjaga sistem pencernaan agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti diare, seseorang harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

Nah, buah ini bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk dijadikan sumber serat. Srikaya menjadi sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Mengurangi risiko kanker

Salah satu penyebab kanker adalah disebabkan karena radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah srikaya maka radikal bebas yang menumpuk akan dilawan dengan adanya antioksidan yang terkandung dalam srikaya.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

Buah srikaya memiliki manfaat untuk mencegah seseorang menderita kardiovaskular. Hal ini berkat adanya kandungan kalium, magnsium, dan antioksidan dalam buah srikaya.

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Srikaya Manfaat Kesehatan Tubuh Buah


Loading...