Hindari 7 Makanan Ini Jika Kalian Memiiki Riwayat Hipertensi Atau Darah Tinggi

Hindari 7 Makanan Ini Jika Kalian Memiiki Riwayat Hipertensi Atau Darah Tinggi
Liputan6.com
Editor: Malda Teras Health —Jumat, 30 Desember 2022 11:56 WIB

Terasjabar.id -- Hindari 7 Makanan Ini Jika Kalian Memiiki Riwayat Hipertensi Atau Darah Tinggi 

Sebelum jatuh pingsan dan dibawa ke rumah sakit, Indra Bekti disebutkan telah memiliki riwayat hipertensi sebelumnya.
Hal itu disampaikan oleh sahabat sesama presenternya, Indy Barends. Menurutnya, selama ini Indra telah mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah.

Kondisi hipertensi yang dialami Indra Bekti bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk di antaranya makanan. Hipertensi sendiri merupakan kondisi saat tekanan darah terpantau melebihi batas 130/90 mmHg.

Faktor gaya hidup tidak sehat menjadi salah satu pemicu hipertensi. Selain menumpuk stres, hipertensi juga disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu.

Melansir Healthline, berikut daftar makanan pemicu darah tinggi yang dapat Anda hindari. Dengan menghindari makanan ini, Anda dapat terhindari dari hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti.

1. Makanan asin

'
Makanan asin atau yang kaya kandungan garam merupakan penyumbang utama hipertensi. Pasalnya, natrium yang ditemukan pada garam dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam darah.

Garam mengandung sekitar 40 persen natrium. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) natrium per hari atau setara dengan 1 sdt garam.

Anda perlu menghindari beberapa makanan asin, kemasan, dan junk food. Makanan-makanan tersebut dikenal akan kandungan natriumnya.

2. Daging olahan


Ilustrasi. Nugget, salah satu makanan pemicu hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti. (iStockphoto/ALLEKO)
Daging olahan sering kali dikemas dengan sodium. Pasalnya, banyak produsen yang membumbui dan mengawetkan daging dengan garam.

Mengonsumsi hidangan seperti sandwich yang mencampur daging olahan dengan makanan tinggi garam lainnya seperti roti dan keju akan membuat Anda lebih berisiko terkena hipertensi.

3. Camilan tidak sehat


Camilan ringan seperti keripik, biskuit, serta kacang-kacangan mengandung banyak garam. Kandungan garam beserta lemak dan gula yang ada di dalamnya membuat camilan-camilan tersebut jadi adiktif.

4. Gorengan


Untuk menjaga kesehatan jantung, orang harus mengurangi lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini terutama berlaku untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Lemak trans adalah lemak buatan yang meningkatkan umur simpan dan stabilitas makanan kemasan. Lemak ini juga dapat juga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal yang sama juga didapat dari lemak jenuh. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Gorengan adalah salah satu makanan yang cukup banyak mengandung lemak. Selain gorengan, Anda juga perlu membatasi beberapa produk hewani seperti daging merah.

5. Gula


Gula dapat meningkatkan tekanan darah dengan beberapa cara. Penelitian menunjukkan bahwa gula, terutama pada minuman kemasan, berkontribusi pada penambahan berat badan. Kelebihan berat badan ini bisa memicu darah tinggi.
Tinjauan lain juga menemukan bahwa gula tambahan dapat memberikan efek langsung pada peningkatan tekanan darah.

6. Minuman beralkohol


Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah.

AHA merekomendasi tak lebih dari dua gelas minuman beralkohol dalam sehari pada pria dan satu gelas sehari pada wanita.

7. Kafein


Ilustrasi. Kopi, salah satu minuman pemicu hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Kopi, teh, dan minuman berenergi sering kali disertai dengan kandungan kafein, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Bagi orang dengan tekanan darah yang sehat, kafein bukanlah masalah. Namun, penderita hipertensi disarankan untuk membatasi asupan kafein.

Itulah beberapa makanan yang bisa memicu kondisi hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti.



Baca artikel CNN Indonesia "7 Makanan Pemicu Hipertensi Seperti yang Dialami Indra Bekti" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221230110514-262-894014/7-makanan-pemicu-hipertensi-seperti-yang-dialami-indra-bekti.

Makanan Kesehatan Darah tinggi Riwayat Hipertensi Indy barends Tekanan Darah


Loading...