Keraton Solo Bantah Berikan Gelar Raden Tumenggung Pada Gus Samsudin

Keraton Solo Bantah Berikan Gelar Raden Tumenggung Pada Gus Samsudin
Foto: Viral video Gus Samsudin diberi gelar Kanjeng Raden Tumenggung (Dok Tangkapan Layar Youtube)
Editor: Malda Hot News —Kamis, 29 Desember 2022 11:03 WIB

Terasjabar.id - Gus Samsudin kembali membuat heboh usai videonya mendapatkan gelar Kanjeng Raden Tumenggung dari Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunan Surakarta atau Keraton Solo viral di media sosial. Gelar itu pun dipertanyakan oleh Keraton Solo kubu Paku Buwono XIII.
Dilansir detikJateng, Kamis (29/12/2022), dalam sebuah video yang diunggah akun YouTube GUS SAMSUDEN JADDAB sekitar 1 bulan lalu, Gus Samsudin disebut mendapatkan gelar dari Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo.

Video berdurasi 1 jam 14 menit itu memperlihatkan detik-detik Gus Samsudin diberikan gelar Kanjeng Raden Tumenggung dari Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunan Surakarta. Nampak dia mengenakan beskap hitam dengan terusan jarik, saat menghadiri acara itu.

Dalam video, Ketua LDA Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Moeng juga hadir. Adik kandung Raja Keraton Solo Paku Buwono XIII itu memberikan dokumen pengesahan kepada orang-orang yang memperoleh gelar Keraton. Gusti Moeng juga terlihat memberikan sambutan dalam acara yang digelar di sebuah pendopo itu.

Saat dimintai konfirmasi, Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, KP Dani Nur Adiningrat mengatakan acara tersebut diadakan di luar acara resmi Keraton. Penyelenggara juga bukan dari Keraton. Karena itu, menurutnya pemberian gelar tersebut tidak sah lantaran di luar perintah Raja.

"Biasanya dhawuh Dalem (perintah raja) itu lewat Sasono Wilopo, saya juga sudah cek ke Kasentanan juga, tidak ada nama Gus Samsudin. Ketika saya melihat videonya itu, pemberian gelarnya juga bukan di Kasunanan Surakarta. Kalau Kanjeng Raden Tumenggung yang resmi, ya dari Sinuhun (raja). Ada surat kekancingan dari Sinuhun. Tapi Gus Samsudin, tidak tahu dari mana (gelarnya)," kata Dani saat dihubungi detikJateng, Rabu (28/12).

Baca artikel detiknews, "Viral Gus Samsudin Dapat Gelar Raden Tumenggung, Keraton Solo Menepis" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6486927/viral-gus-samsudin-dapat-gelar-raden-tumenggung-keraton-solo-menepis.

Gus Samsudin Viral Pesulap Merah Polda jatim kasusu marcel Radhival Pasien Penipuan Brigjen Pol Krishna Murti Keraton Solo Surakarta


Loading...