Ternyata Ini Pendiri Mixue Pertama Buat Usaha di Tahun 1997 ! Kini Gerainya Menjamur di Indonesia !

Ternyata Ini Pendiri Mixue Pertama Buat Usaha di Tahun 1997 ! Kini Gerainya Menjamur di Indonesia !
Harian Haluan
Editor: Malda Hot News —Rabu, 28 Desember 2022 15:18 WIB

Terasjabar.id -- Ternyata Ini Pendiri Mixue Pertama Buat Usaha di Tahun 1997 ! Kini Gerainya Menjamur di Indonesia !

Mixue menjadi perbincangan karena gerai es krimnya yang kian menjamur di Indonesia.
Perusahaan asal Zhengzhou, Henan, China itu pertama kali membuka kedai di Indonesia pada 2020 lalu dengan gerai pertamanya di Cihampelas Walk, Kota Bandung. Saat ini kedai Mixue di seluruh Indonesia sudah lebih dari 300.

Adapun pemegang hak franchise Mixue Indonesia adalah PT Zisheng Pacific Trading. Selain di Indonesia, gerai Mixue juga tersebar di Vietnam. Hingga saat ini total kedai Mixue sudah lebih dari 20 ribu.

Dibalik maraknya kedai Mixue saat ini, siapa sangka bisnis itu dimulai dengan modal yang sedikit.

Gerai es krim Mixue yang kian menjamur di Indonesia didirikan oleh Zhang Hongchaio pada 1997 di China.

Gerai es krim Mixue yang kian menjamur di Indonesia didirikan oleh Zhang Hongchaio pada 1997 di China. (Arsip Istimewa).


Melansir Foodtalks, Rabu (28/12), Mixue pertama kali didirikan oleh Zhang Hongchaio pada 1997. Modal awal untuk membangun bisnis itu adalah sebesar 4.000 yuan atau setara Rp9 juta (asumsi kurs Rp2.252 per yuan).

Hongchaio pun meminjam modal tersebut dari sang nenek. Hongchaio yang saat itu masih menjadi mahasiswa memulai bisnis Mixue dengan menjual es serut.

Karena modal awal yang terbatas, peralatan toko juga sangat sederhana, hanya dengan lemari es, beberapa bangku, dan meja lipat.

Bahkan mesin es serut untuk produksi dirakit oleh Zhang Hongchao dengan membeli motor, turntable, dan Cutter. Produk utama toko ini juga sangat terbatas, hanya es serut, es krim, dan smoothie. Setelah bisnis berangsur-angsur membaik, Hongchao mulai menjual milk tea.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Mixue pun berkembang. Pada 2007, Zhang Hongchao membuka hak waralaba. Tahun itu, lusinan toko dibuka dengan cepat di Provinsi Henan, tempat kantor pusat berada.

Pada tahun 2008, Mixue Bingcheng secara resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan, dan jumlah toko waralaba melebihi 180. Lalu, pada 2010 Mixue Bingcheng memilih untuk bekerja sama dengan Zhengzhou Baodao Trading Co., Ltd. untuk mengembangkan waralaba di seluruh negeri.

Dua tahun setelahnya, Mixue Bingcheng mulai membangun pabrik pusat untuk menguasai rantai pasok dan mencapai swasembada. Kemudian pada 2014, perusahaan mendirikan pusat logistik di Kota Jiaozuo, Provinsi Henan, untuk mengirimkan materi gratis kepada seluruh cabang.(Sumber: CNN Indonesia) 


Mixue Ice Cream Rasa Harga Best Seller Minuman Mixue Indonesia Zhang Hongchaio


Loading...