Wujudkan Smart City Diskominfo Kuningan Launching Tiga Aplikasi Baru

Wujudkan Smart City Diskominfo Kuningan  Launching Tiga Aplikasi Baru
Editor: Malda Teras Kuningan —Rabu, 28 Desember 2022 09:37 WIB

Terasjabar.id - Dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), melaunching Aplikasi Linggarjati, Appem, dan Koceax.
di Aula Hotel Purnama Mulia, Cigugur, Selasa.27/12/2022

Peluncuran ketiga aplikasi tersebut, dilakukan langsung Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH., didampingi Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, Kajari Kuningan, para Kepala SKPD, para Camat, kepala Desa serta undangan lainnya.

Dalam sabutanya H. Acep menyampaikan, dalam menghadapi kondisi global saat ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintahan, sudah menjadi kebutuhan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi mampu menjadi pendukung dalam kegiatan pemerintahan.

Dalam rangka pelaksanaan Perpres No 95 Tahun 2018, serta perwujudan Kuningan Smart City, Pemerintah Kabupaten Kuningan pada tahun 2022, sudah membuat beberapa aspek pengaturan pelaksanaan SPBE dan penyusunan Masterplan Smart City, yang akan menjadi pedoman bagi semua Perangkat Daerah di Kabupaten Kuningan dalam pelaksanaan SPBE dan Smart City Kabupaten Kuningan. Ujarnya.

H. Acep berharap kegiatan administrasi pemerintahan maupun pelayanan publik, mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan pemerintahan, sebagaimana tujuan dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Harapnya.

Gambar

Kepala Diskominfo Kab. Kuningan, DR. Wahyu Hidayah, M.Si., dalam laporannya menjelaskan, aplikasi Linggarjati (Layanan Integrasi Penyelenggaraan Aplikasi, dan Jaringan Teknologi Informasi), adalah aplikasi yang menyediakan suatu standarisasi bagi semua Perangkat Daerah dalam membuat suatu sistem aplikasi supaya output dari aplikasi tersebut dapat dipergunakan secara maksimal.

Perangkat Daerah yang akan membuat aplikasi, terlebih dahulu harus mengajukan permohonan Aplikasi Perangkat Daerah melalui aplikasi Linggarjati. dan untuk aplikasi ApPem (Aplikasi Pemantauan dan Monitoring), dijelaskan Kadiskominfo, adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan monitoring status aplikasi atau website yang berada di SKPD Kabupaten Kuningan.

Tambah Wahyu sedangkan aplikasi Kuningan Operation Cyber Hoax yang disingkat Koceax, yang memiliki fungsi untuk memverifikasi informasi atau rumor yang belum jelas fakta-faktanya yang beredar di tengah masyarakat. Dimana, masyarakat bisa mengadukan pemberitaan media online melalui website Koceax, yang nantinya akan diproses dan diteliti oleh para tenaga ahli dari Indonesia Indikator, sehingga nanti muncul data fact atau hoax.

Dengan diluncurkannya ketiga aplikasi tersebut, Wahyu berharap, dapat mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan berbasisi elektronik. Imbuhnya.

(H. Aboy)

Kuningan Smart City Acep Purnama Jakarta Pusat Bupati Kuningan Diskominfo Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik


Loading...