Ilmuan Disebut Bisa Deteksi Keberadaan Alien Menggunakan Alat LIGO ! Apa Itu ?

Ilmuan Disebut Bisa Deteksi Keberadaan Alien Menggunakan Alat LIGO ! Apa Itu ?
BBC
Editor: Malda Teras Techno —Selasa, 27 Desember 2022 11:25 WIB

Terasjabar.id - ilmuwan mengungkap bahwa Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) yang berbasis di AS memiliki kemampuan luar biasa untuk memecahkan misteri luar angkasa. Dikatakan laser terbesar di dunia itu juga dapat digunakan untuk mendeteksi alien.

Detektor LIGO disebut bisa melihat gelombang gravitasi dari distorsi kecil yang mereka buat dalam ruang-waktu saat mereka melewatinya. Terdiri dari dua detektor berbentuk L yang berpotongan, masing-masing dengan dua lengan sepanjang 4 kilometer, laser memiliki sensitivitas yang tinggi.

Untuk melihat seberapa jauh sensitivitas ini dapat diregangkan, para ilmuwan membuat perhitungan objek terkecil yang akan menghasilkan gelombang gravitasi yang dapat dideteksi dengan jelas di Bumi. Ternyata, itu masih cukup besar untuk bisa dideteksi oleh laser LIGO.

Laser Terbesar di Dunia Disebut Bisa Deteksi Alien

Dan agar alien dapat dideteksi oleh LIGO, mereka harus membawa pesawat yang memiliki berat kira-kira sama dengan Jupiter, bergerak dengan kecepatan sepersepuluh cahaya, dan berada dalam jarak 326.000 tahun cahaya dari Bumi, dihimpun dari Space pada Selasa, (27/12/2022).

Apakah pesawat ruang angkasa dengan skala dan kecepatan ini mungkin, para peneliti tidak tahu, tetapi mereka berharap untuk mengecilkan ukuran kapal ke proporsi yang lebih masuk akal karena detektor gelombang gravitasi (GW) yang semakin sensitif, seperti Antena Antariksa Interferometer Laser 2037 Badan Antariksa Eropa.

Para fisikawan juga mencatat bahwa drive warp alien canggih akan menciptakan pola gelombang gravitasi yang dapat dibedakan dari sumber alami dan bahwa, jika terdeteksi, gelombang alien ini bahkan dapat memberi petunjuk kepada manusia tentang cara merekayasa balik teknologi tersebut.

"Ini karena bentuk sinyal GW sepenuhnya bergantung pada lintasan objek,” tulis para ilmuwan. "Dengan demikian, saat sinyal semburan terdeteksi, seseorang dapat mencoba mempertimbangkan kualitas mekanisme transportasi yang ada berdasarkan bentuk sinyal GW," terangnya. (Sumber: Okezone.com)

Ilmuan Alien LIGO Laser Cara Mendeteksi Alien Viral


Loading...