BMKG Prediksi Cuaca di Tahun Baru 2023 Hujan Lebat, Jadi Wajib Waspada ya !

BMKG Prediksi Cuaca di Tahun Baru 2023 Hujan Lebat, Jadi Wajib Waspada ya !
Kompas.com
Editor: Malda Hot News —Selasa, 27 Desember 2022 11:08 WIB

Terasjabar.id - BMKG Prediksi Cuaca di Tahun Baru 2023 Hujan Lebat, Jadi Wajib Waspada ya ! 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memproyeksi hampir seluruh wilayah berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat pada Tahun Baru 2023.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan hal ini diakibatkan oleh adanya peningkatan curah hujan selama periode ini diakibatkan sejumlah dinamika atmosfer, di antaranya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan.

“Pertama peningkatan aktivitas monsun Asia memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat tengah dan Selatan,” Dwikorita dalam keterangan resminya, Selasa (27/12/2022).

Selain itu, kata Dwikorita, meningkatnya intensitas seruakan dingin asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

Dinamika atmosfer lainnya yaitu adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat akan terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara itu, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Oleh karena itu, Dwikorita, meminta masyarakat untuk terus memonitor informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. “Waspadai risiko terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi sangat besar terjadi,” imbaunya.

(Sumber: Okezone.com)

BMKG Viral Indonesia Dwikora Kepala BMKG Tahun Baru Cuaca Viral Angin


Loading...