Berikut Beberapa Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Menjadi Cerdas

Berikut Beberapa Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi Menjadi Cerdas
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 24 Desember 2022 13:40 WIB

Terasjabar.id -Perkembangan otak bayi telah dimulai sejak ia masih berada di dalam kandungan ibu. Masa awal dari pembentukkan otak bayi di dalam kandungan ini bisa menjadi penentu tumbuh kembang otak anak nantinya. Nah, supaya bayi menjadi tumbuh dengan cerdas, ibu hamil harus mendukung perkembangannya dengan cara makan beragam jenis makanan.

Merangkum dari Hellosehat, SehatQ, Alodokter dan KehamilanSehat, berikut ini ada beberapa daftar makanan untuk ibu hamil supaya bayi menjadi cerdas.


1. Sayuran berdaun hijau 

Sayuran berdaun merupakan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu perkembangan otak janin.

Jenis sayuran ini mempunyai kandungan asam folat yang mampu untuk menjaga otak bayi dari kerusakan jaringan. Di sisi lain, nutrisi ini juga terbukti dapat mencegah cacat tabung saraf, bibir sumbing, dan juga kelainan jantung pada bayi.

Selain memiliki kandungan asam folat, sayuran berdaun hijau ini juga mampu untuk mencegah preeklampsia selama kehamilan.

2. Telur ayam

Selain harganya yang murah, telur ayam merupakan salah satu jenis makanan yang mudah untuk diperoleh dan pastinya sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin. Telur ayam memiliki kandungan protein, kolin, asam lemak omega-3, asam folat, serta beragam vitamin dan mineral yang tinggi.

Beragam nutrisi yang terkandung pada telur ayam tersebut membuat jenis makanan ini baik untuk dikonsumsi sebagai makanan bagi ibu hamil supaya janinnya lebih cerdas. Tidak hanya itu saja, kandungan omega-3, folat, dan juga kolin mampu untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf atau spina bifida pada janin.

3. Kacang-kacangan 

Selain mengonsumsi makanan berat, ibu hamil juga bisa makan camilan kacang-kacangan selama hamil. Karena Kacang-kacangan mempunyai kandungan protein, niacin atau vitamin B3, asam lemak omega-3, asam folat dan vitamin E yang sangat baik serta bermanfaat untuk perkembangan otak. 

Nutrisi yang terdapat pada kacang-kacangan bisa membantu perkembangan sistem saraf pada janin dan juga menekan risiko lahir prematur. 

4. Ubi

Ubi kaya aky kandungan betakaroten. Kandungan zat gizi yang ada di dalam makanan ini juga sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi dalam kandungan supaya pintar.

Betakaroten ini akan diolah menjadi vitamin A oleh tubuh serta berfungsi untuk membantu perkembangan sistem saraf pusat bayi.

Selain ubi, makanan lainnya yang juga mengandung betakaroten adalah seperti wortel, kale, bayam, sawi hijau, labu kuning, dan lain sebagainya.

5. Ikan

Makanan supaya bayi cerdas sejak dalam kandungan yang terakhir yaitu ikan. Banyak jenis ikan di laut yang dapat membantu proses perkembangan otak janin seperti ikan salmon, tuna sarden dan juga tenggiri.

Ikan mempunyai kandungan protein dan juga asam lemak omega 3 yang cukup tinggi sehingga berperan besar untuk mendukung perkembangan saraf otak pada janin. 

Dengan demikian, peluang ibu hamil untuk melahirkan bayi cerdas akan semakin tinggi. Tapi perlu di ingat juga, jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi ikan laut karena bisa saja terkena paparan merkuri atau keracunan merkuri.

Nah, itulah tadi beberapa daftar makanan untuk para ibu hamil agar bayi cerdas sejak dalam kandungan, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay,id dan Suara.com 

Makanan Sayuran Ibu Hamil


Loading...