Astronom Temukan Planet Dekat Bumi yang Kemungkinan Bisa Ditempati !

Astronom Temukan Planet Dekat Bumi yang Kemungkinan Bisa Ditempati !
National Geographic Indonesia
Editor: Malda Life Style —Jumat, 23 Desember 2022 10:40 WIB

Terasjabar.id - Astronom Temukan Planet Dekat Bumi yang Kemungkinan Bisa Ditempati ! 

Dua planet yang baru terlacak oleh astronom ini, dalam hitungan antariksa, termasuk dekat dengan Bumi. Menariknya lagi, ada kemiripannya dengan planet ini sehingga ada kemungkinan bisa ditinggali.
Letaknya hanya 16 tahun cahaya dari Bumi dan massanya mirip dengan planet ini. Lokasinya ada zona habitat dari bintangnya yang bernama GJ 1002. Artinya, planet itu tidak terlalu panas atau dingin dan terdapat air dalam bentuk cair.

"Alam sepertinya menunjukkan kita bahwa planet seperti Bumi sangat umum," kata Alejandro Suárez Mascareno dari Instituto de Astrofisica de Canarias (IAC)yang menelitinya, seperti dikutip detikINET dari Live Science.

Karena air dalam bentuk cair sangat penting bagi kehidupan, planet di zona layak huni menjadi fokus pencarian akan kehidupan di tempat lain di alam semesta, meski memang hanya berada di zona layak huni bukan mutlak jaminan suatu planet mendukung kehidupan.

Misalnya saja, di Tata Surya kita sendiri, Planet Venus dan Mars berada di zona layak huni Matahari, namun saat ini keduanya tidak dapat mendukung kehidupan. Sedang diselidiki apakah ada makhluk hidup di Mars, tapi kalau pun ada kemungkinan hanya bakteri.

Karena GJ 1002 adalah bintang katai merah yang relatif suhunya dingin, zona layak huninya jauh lebih dekat dengannya daripada jarak Bumi ke matahari. Planet GJ 1002b hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk mengorbit sedangkan planet terluar, GJ 1002c, menyelesaikan orbit dalam 21 hari.

Dekatnya lokasi kedua planet itu dengan Bumi, memungkinkannya menjadi obyek riset yang menarik bagi para ilmuwan, seperti bagaimana kondisi atmosfernya.

Baca artikel detikinet, "Wow, Ditemukan Planet Dekat Bumi Mungkin Bisa Ditinggali" selengkapnya https://inet.detik.com/science/d-6475705/wow-ditemukan-planet-dekat-bumi-mungkin-bisa-ditinggali.

Planet Astronom Viral GJ Planet Venus Mars Matahari GJ Live Science Planet Bumi


Loading...