Berikut Beberapa Makanan Khas di Kota Gede buat Sarapan, Tidak Membuat Kantong Jebol

Berikut Beberapa Makanan Khas di Kota Gede buat Sarapan, Tidak Membuat Kantong Jebol
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 22 Desember 2022 15:52 WIB

Terasjabar.id - Kota Gede adalah salah satu wilayah di Yogyakarta yang menyimpan banyak kuliner menarik. Setidaknya ada 4 sarapan khas Kota Gede yang bisa menjadi pilihan kamu dengan harga murah serta membikin perut kenyang

Menikmati suasana pagi hari di Kota Gede Jogja, memang menyenangkan. Apalagi di Kota Gede menyimpan berbagai sarapan yang nikmat dan bisa kamu nikmati di pagi hari. Bagi yang berkesempatan bertandang ke Kota Gede, berikut ini 4 sarapan khas di Kota Gede yang wajib kamu nikmati. 


1.Bakmi Mbah Gito

Diawali oleh Bakmi Mbah Gito. Beralamat di Jalan Nyi Agengnis Nomor 9 Rejowinangun, warung makan ini punya sajian bakmi jawa dengan cita rasa khas dan melegenda.

Rahasia kelezatan dari Bakmi Mbah Gito ini konon terletak pada cara pembuatannya. Jadi, setiap pesanan bakmi dimasak satu per satu menggunakan anglo tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Sajian di warung makan Bakmi Mbah Gito ini dibanderol mulai dari harga Rp 20 ribu sampai dengan Rp 40 ribuan. Tidak sedikit wisatawan atau bahkan warga lokal yang rela antre berjam-jam demi mendapatkan satu porsi bakmi jawa ala Mbah Gito ini.

2. Soto Ayam Lumayan Kang Sarman

Berikutnya adalah Soto Ayam Lumayan Kang Sarman. Soto ayam ini memiliki penampilan yang menggiurkan karena berisi  potongan ayam, tauge, bihun, lentok, hingga tomat dan seledri. Selain itu terdapat berbagai pendamping soto yang juga nikmat yaitu sate usus, sate uritan, tempe mendoan, dan juga bakwan. 

Harganya juga murah cuma Rp13.000 untuk satu porsi soto. Lokasi soto ini berada di Jalan Kemasan Kota Gede Jogja.

3. Warung Sate dan Gule Kambing Mbah Salam 

Bagi pecinta sate atau gule kambing wajib mengunjungi ke warung Mbah Salam. Rekomendasi sarapan di Kota Gede menyajikan sate dengan rasa yang enak dan daging empuk. Selain itu gule kambing juga tidak kalah nikmat apalagi ketika dicampur oleh sambal khas Mbah Salam. 

Harga makanan di tempat ini mulai dari Rp 17.000 per porsi. Lokasi Warung Sate dan Gule Kambing Mbah Salam ada di Pasar Legi, Kota Gede Jogja. 

4. Jenang Sumsum 

 Terakhir ada Jenang Sumsu. Makanan ini merupakan merupakan bubur yang terbuat dari tepung beras, dan gula merah. Perpaduan rasanya adalah manis dan gurih, sekaligus mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras. 

Jenang Sumsum banyak dijual di kawasan Pasar Legi, Kota Gede Jogja dan dijual dengan harga Rp 5.000 per porsinya. 

Itu tadi rekomendasi mengenai 4 makanan yang cocok untuk sarapan di Kota Gede. 

Disadur dari Suara.com 

Kota Gede Yogyakarta Sarapan


Loading...