Beberapa Kondisi Medis yang Menyebabkan Tenggorokan Gatal dan Batuk Tak Kunjung Sembuh, GERD Juga Mempengaruhi !

Beberapa Kondisi Medis yang Menyebabkan Tenggorokan Gatal dan Batuk Tak Kunjung Sembuh, GERD Juga Mempengaruhi !
Universitas Pakuan
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 22 Desember 2022 15:05 WIB

Terasjabar.id - Adanya riwayat tenggorokan gatal yang Anda rasakan sehingga mengganggu kebiasaan makan dan tidur Anda, dan lamanya keluhan ini berlangsung yaitu sekitar 2 bulan, maka perlu kiranya Anda melanjutkan pemeriksaan dan evaluasi langsung ke dokter THT Anda. Bila hasil pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter paru tidak menemukan masalah pada paru, dan keluhan Anda belum juga membaik, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk pemeriksaan lanjutan ke dokter THT. Adanya keluhan tenggoeokan gatal yang sudah berjalan 2 bulan, merupakan waktu yang lama untuk radang tenggorokan, dan secara wajar, seharusnya keluhan ini membaik dengan 2 kali kunjungan ke dokter dan perbaikan pola makan dan peningkatan daya tahan tubuh Anda. Namun, bila dalam 2 bulan belum juga membaik, maka perlu dipertimbangkan kondisi medis lain yang menyebabkan tenggorokan Anda terasa gatal sampai sekarang.

Pada umumnya, keluhan dengan tenggorokan gatal, sering disebabkan oleh radang tenggorokan, dimana kondisi ini dapat menyebabkan keluhan penyerta berupa tenggorokan terasa kering, gatal, serik, atau nyeri telan; selain itu,keluhan ini dapat berkembang sampai keluhan batuk, pilek, demam, sampai badan terasa sakit atau pegal. Dengan pengobatan dan perawatan oleh dokter keluarga Anda atau dokter THT Anda, keluhan ini akan membaik dalam 3-10 hari pemulihan. Namun, bila keluhan tenggorkan gatal yang Anda rasakan tidak disertai dengan keluhan lain yang mengganggu Anda, dan keluhan ini sudah berlangsung sekitar 2 bulan, maka mempertimbangkan kemungkinan pemicu lain selain radang tenggorokan perlu dilakukan, sampai dokter Anda memastikan memang tidak ada penyakit lain yang memicu keluhan tenggorokan gatal ini.

Beberapa kondisi medis lain juga dapat memicu keluhan yang hampir sama, seperti:

  1. Alergi
  2. Gangguan tiroid, hipotiroid lebih sering memicu keluhan gatal ditenggorokan atau tickling
  3. Tonsilitis atau amandel
  4. Kurang asupan minum air putih
  5. GERD atau gastroesophageal reflux disease dimana asam lambung naik sampai kerongkongan dan tenggorokan
  6. Efek samping obat, seperti obat darah tinggi
  7. Proses spesifik tertentu pada daerah tenggorokan atau saluran nafas

Oleh karena itu, evaluasi langsung oleh dokter THT Anda akan membantu memberikan informasi tambahan setelah pemeriksaan yang dilakukan. Tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter THT, maka beberapa kemungkinan diatas akan semakin sulit dipastikan.

Pada saat kontrol selanjutnya, Dokter THT akan melakukan wawancara berkaitan dengan perjalanan keluhan Anda. Beberapa kebiasaan yang Anda lakukan akan meningkatkan keluhan ini dan membuat keluhan ini semakin lama untuk pulih, seperti kebiasaan merokok, makan makanan berminyak, kelelahan fisik, kurang tidur, kurang intake air atau belum mengoptimalkan asupan gizi yang sehat untuk Anda.

Selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan bila diperlukan pemeriksaan pada saluran nafas Anda yang lebih detail akan direncanakan, pemeriksaan penunjang lain dapat dilakukan untuk membantu mengetahui penyebabnya, seperti pemeriksaan darah atau evaluasi pemeriksaan radiologi ulang. Hasil pemeriksaan akan menjadi acuan bagi dokter dalam memberikan perawatan dan penanganan untuk Anda.

Untuk saat ini, beberapa hal yang berkaitan dengan pemulihan stamina Anda perlu Anda usahakan seperti:

  1. Hindari tidur larut malam
  2. Hindari kelelahan fisik
  3. Hindari makanan pedas, berminyak dan makanan instan
  4. Cukupi air putih
  5. Hindari rokok dan alkohol bila konsumsi
  6. Bila keluhan ini disertai sesak, maka segera ke rumah sakit terdekat

(Sumber: Alodokter) 

Tenggorokan Gatal Batuk tak kunjung sembuh viral GERD THT


Loading...