PEMKOT CIMAHI BERIKAN BANTUAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) DAN PERLENGKAPAN BELAJAR SISWA JENJANG SD DAN SMP

PEMKOT CIMAHI BERIKAN BANTUAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) DAN PERLENGKAPAN BELAJAR SISWA  JENJANG SD DAN SMP
Editor: Malda Teras Cimahi —Kamis, 22 Desember 2022 11:55 WIB

Terasjabar.id - Cimahi | Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pendidikan Kota Cimahi memberikan bantuan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan Perlengkapan Belajar Siswa untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penyerahan secara simbolis kepada siswa-siswi SD, SMP dilaksanakan pada hari Rabu (21/12) bertempat di Aula Gedung A Pemkot Cimahi.  

Gambar

Pejabat Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nurgahawan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono secara langsung menyerahkan secara simbolis bantuan SPP dan perlengkapan belajar  sebanyak :

NO

JENIS BANTUAN

JENJANG

JUMLAH SEKOLAH

JUMLAH

SISWA

TOTAL

BANTUAN (Rp)

1

SPP

SD

23

655

1.459.571.600,-

SMP

23

1.205

1.674.300.000,-

2

PERLENGKAPAN BELAJAR

SD

115

14.283

1.069.328.100,-

SMP

39

4.917

186.725.000,-

Dalam sambutannya Dikdik menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat nasional maupun daerah mengacu pada amanat Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menerangkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Undang-undang dasar negara repubiik indonesia tahun 1945 juga mengamanatkan alokasi anggaran minimal 20% dari APBN dan APBD untuk kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Implementasi kebijakan pendidikan di daerah akan berjalan dengan baik apabila didukung oleh pembiayaan pendidikan yang memadai dan dapat diandalkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Gambar

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 yang melanda bangsa Indonesia di bidang pendidikan adalah meningkatnya data siswa penerima bantuan akibat menurunnya kondisi sosial ekonomi masyarakat atau keluarga berdampak pada menurunnya kondisi siswa sebagai anggota keluarga yang sedang mengikuti pendidikan disekolah. Jumlah tersebut didasarkan dari data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) tahun 2022.

“Mudah-mudahan Program bantuan ini dapat memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa serta mengurangi angka putus sekolah khususnya di Kota Cimahi serta pemerataan layanan pendidikan” tutur Dikdik.

Gambar

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono dalam laporannya menyampaikan bahwa pemberian bantuan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dimaksudkan untuk  untuk membantu siswa SD maupun SMP yang namanya tercantum pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai bagian dari upaya : 1) pemerataan pendidikan yang bermutu bagi setiap masyarakat tanpa diskriminasi. 2) memberikan layanan perluasan akses dan kemudahan biaya pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat, dan 3) menjamin berlangsungnya proses pendidikan untuk berkembangnya potensi peserta didik di Kota Cimahi. pemberian perlengkapan belajar siswa bertujuan untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan kepada peserta didik jenjang SD dan SMP yang terdaftar pada DTKS. (Bidang IKPS/Gy)


Cimahi SD SMP Penyerahan SPP Sumbangan Pembinaan Pendidikan Perlengkapan Belajar Siswa


Loading...