Berikut Beberapa Penyebab Sering Terkena Batuk Pilek

Berikut Beberapa Penyebab Sering Terkena Batuk Pilek
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 21 Desember 2022 15:32 WIB

Terasjabar.id -- SAAT musim hujan biasanya identik dengan datangnya berbagai macam jenis penyakit, termasuk diantaranya adalah batuk dan pilek. Sebagian orang terlihat lebih kebal terhadap virus flu, sementara yang lain sering bersin, batuk dan pilek.

Batuk dan pilek seringnya hanya dianggap sebagai penyakit ringan. Namun kalau diabaikan, batuk dan pilek bisa tak kunjung sembuh dan akhirnya mengganggu aktivitas Anda.

Mungkin ada yang salah dengan cara Anda menangani flu dan batuk. Berikut 4 alasan mengapa Anda sering terserang batuk dan pilek,

1. Sistem imun tubuh lemah

Flu dan pilek musiman sering kali ada hubungannya dengan sistem kekebalan Anda. Jika Anda terus terserang pilek dan batuk setiap kali musim berubah, cobalah membuat perubahan kecil dalam gaya hidup Anda. Tambahkan penguat kekebalan, seperti jahe dan madu, dan cobalah untuk menjauh dari makanan dingin setiap kali cuaca berfluktuasi.

2. Alergi

Rinitis alergi adalah salah satu alasan utama di balik pilek, mata berair. Jadi, jika itu adalah tempat tertentu di mana Anda jatuh sakit atau pada waktu tertentu, Anda mungkin mengalami alergi. Ini bisa menjadi akut dan kronis. Jadi, cobalah dan kenali penyebabnya. Uap dan menjaga diri Anda tetap terhidrasi dapat membantu meringankan gejala.

3. Genetik

Jika salah satu dari orangtua Anda rentan terhadap alergi, ada kemungkinan Anda juga menderita alergi. Oleh karena itu, tetap periksa saat Anda batuk dan pilek, dan cari bantuan dari dokter.

4. Flu musiman

Flu musiman dan virus biasa terjadi. Karena musim dingin baru saja tiba, ada kemungkinan Anda menderita salah satu dari ini. Tidak mengenakan pakaian hangat, makan tidak sehat, tidak menjaga kebersihan, dan menjauhi sayuran hijausemuanya bisa menjadi kemungkinan alasan di balik tertular flu musiman dan virus.

Jika Anda cenderung tetap menderita batuk dan pilek sepanjang tahun, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan suntikan flu setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Ini mungkin membantu menyelamatkan Anda dari ketidaknyamanan.

Disadur dari Okezone.com 

Musim Hujan Sistem Imun Flu Batuk


Loading...