Berikut Beberapa Rekomendasi Menu Ayam Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera

Berikut Beberapa Rekomendasi Menu Ayam Pedas yang Lezat dan Menggugah Selera
Ilustrasi Ayam suwir pedas Bali (Cookpad.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Selasa, 20 Desember 2022 12:33 WIB

Terasjabar.id -- Menu ayam serta citarasa pedas merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari santapan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Maka tidak heran rasanya jika ada banyak sekali olahan masakan ayam pedas.

Harus diakui, perpaduan antara ayam dan juga citarasa pedas ini memang dahsyat serta menggugah selera makan. Apalagi jika disantap dengan nasi yang masih hangat. Duh, jadi ingin segera menikmati olahan ayam pedas rasanya.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi olahan masakan ayam pedas yang wajib kamu coba:

1. Ayam suwir pedas Bali

Sekilas, ayam suwir pedas khas Bali memang seperti ayam suwir pada umumnya. Tetapi, setelah disantap, pasti kamu dapat merasakan perbedaannya.

Ayam suwir pedas Bali ini dimasak dengan cara ditumis bersama dengan bumbu-bumbu pedas, lalu diberikan tambahan santan, dan diungkep hingga matang. Jadi, tidak heran jika ayam suwir pedas Bali mempunyai citarasa yang lebih gurih dibandingkan dengan ayam suwir kebanyakan.

Ayam suwir pedas Bali ini biasanya dihidangkan sebagai lauk pendamping nasi campur Bali. Kalau kamu paling malas berurusan dengan tulang belulang, maka ayam suwir pedas Bali sangat cocok sekali sebagai pilihan lauk pedas.

2. Ayam jerit

Rekomendasi selanjutnya adalah Ayam jerit, sekilas memang mirip dengan ayam suwir pedas Bali bentuknya, karena sama-sama menggunakan daging ayam yang telah disuwir. Yang membedakannya yaitu ayam harus diungkep lalu digoreng terlebih dulu. Baru kemudian disuwir dan ditumis menggunakan racikan bumbu pedas.

Selain itu, ayam jerit juga tidak memakai santan dan harus disantap bersama dengan perasan air jeruk nipis. Pas sekali ya untuk dijadikan menu santap siang, karena cita rasanya yang pedas segar.

3. Ayam geprek Jogja

Olahan ayam pedas yang satu ini lagi banyak digemari, nih. Ayam geprek khas Jogja memang beda dibandingkan dengan ayam geprek yang lainnya. Ayamnya digoreng menggunakan balutan tepung. Baru kemudian digeprek bersamaan dengan sambal ulek. Jadi, tidak hanya terasa pedas saja, tetapi juga kamu dapat merasakan kerenyahan di setiap suapnya.

Ayam geprek enak di Jogja. (Instagram/darijogjakarta)
Ayam geprek enak di Jogja. (Instagram/darijogjakarta)

Perbedaan lainnya ialah terletak pada sambal ayam geprek Jogja. Jika ayam geprek lainnya hanya menggunakan cabai rawit dan bawang putih saja, ayam geprek Jogja ditambahkan dengan terasi dan juga tomat sesuai selera. Terbayang kan gimana sedapnya?

4. Ayam rica-rica

Dari berbagai bumbu pedas yang ada di Nusantara, rica-rica merupakan salah satu yang paling populer dan banyak digemari. Bumbu rica-rica ini berasal dari Manado dan bisa sekali diolah menggunakan berbagai bahan makanan, salah satunya termasuk ayam.

Ilustrasi resep ayam rica-rica. (Pixabay/timokefoto)
Ilustrasi ayam rica-rica. (Pixabay/timokefoto)

Yang membuat hidangan ini semakin istimewa ialah proses memasak ayam yang langsung diungkep bersama dengan bumbu rica-rica pedasnya. Belum lagi tambahan serai, daun jeruk serta daun pandan. Pantas saja ya, rasa pedasnya benar-benar meresap sampai ke tulang serta aromanya sangat lezat dan sedap.

5. Ayam balado

Membahas tentang sajian ayam pedas, belum lengkap rasanya jika tidak menyebutkan ayam balado khas Minang. Ayam balado terbuat dari ayam yang diungkep menggunakan bumbu sederhana, kemudian digoreng lalu ditumis bersama dengan bumbu balado pedas sampai meresap.

Ciri khas dari olahan ayam yang satu ini ialah cabai pada bumbu balado hanya diulek kasar saja. Jadi, masih bisa terasa sekali teksturnya. Selain itu, bumbu ayam balado juga dapat diolah dari cabai hijau untuk citarasa serta aroma yang berbeda.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi olahan masakan ayam pedas yang wajib kamu coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Menu Ayam Rekomendasi Indonesia


Loading...