Ada Kontak Bernama ''Tuhan Yesus'' di Grup WhatsApp Sambo cs, Siapakah dia ?

Ada Kontak Bernama ''Tuhan Yesus'' di Grup WhatsApp Sambo cs, Siapakah dia ?
AntaraFoto
Editor: Malda Hot News —Selasa, 20 Desember 2022 11:21 WIB

Terasjabar.id - Ada Kontak Bernama ''Tuhan Yesus'' di Grup WhatsApp Sambo cs, Siapakah dia ? 

Ahli digital forensik mengungkap ada kontak atas nama 'Tuhan Yesus' di grup WhatsApp Duren Tiga yang berisi Ferdy Sambo dkk. Namun, siapa sebenarnya kontak 'Tuhan Yesus' itu masih menjadi tanda tanya.
Ahli digital forensik Ditsiber Polri, Adi Setya, awalnya mengungkap jejak digital dari akun WhatsApp bernama Ferdy Sambo usai penembakan Brigadir Yosua Hutabarat terjadi. Adi menyebut ada grup WhatsApp baru yang dibuat 3 hari usai Yosua tewas.

Hal itu diungkap Adi yang menjadi saksi ahli dalam sidang lanjutan pembunuhan Brigadir Yosua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022). Para terdakwa dalam sidang kali ini ialah Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.
Adi awalnya ditanya oleh jaksa soal riwayat percakapan Richard Eliezer dan Ferdy Sambo. Dia kemudian mengungkap ada percakapan antara Sambo dan Eliezer pada 13 Juli 2022.

"Apakah ada percakapan Sambo dan Richard Eliezer?" tanya jaksa.

"Ada, Pak. Antara akun WhatsApp atas nama Richard dengan akun WhatsApp atas nama Irjen Ferdy Sambo. Komunikasi dilakukan pada tanggal 19/7/2022 pukul 3.48 AM dengan kalimat yang pertama adalah dari akun WhatsApp Irjen Ferdy Sambo mengirimkan kalimat 'Kamu sehat ya?' Kemudian, 'Bapak Kapolri menyampaikan kalau ada yang nggak nyaman laporkan saya segera biar saya laporkan Bapak Kapolri'," jawab Adi.

"Kemudian dijawab akun WhatsApp atas nama Richard 'Siap sehat bapak, siap baik bapak'. Kemudian ditanggapin oleh akun WhatsApp Ferdy Sambo 'Buat tenang keluarga di Manado ya Cad. Wa saya kalau ada yang nggak enak di hati kamu'," tambah Adi.

Jaksa kemudian bertanya riwayat percakapan lainnya yang ditemukan Adi dalam pemeriksaan. Saat itulah Adi menyebut ada grup WhatsApp bernama 'Duren Tiga' yang dibuat pada 11 Juli 2022 atau tiga hari usai Yosua dibunuh di rumah dinas Sambo.

"Jadi di handphone tersebut ditemukan satu grup WhatsApp dengan nama Duren Tiga, di dalamnya ada beberapa kontak di grup tersebut di antaranya ada kontak WA nama Irjen Ferdy Sambo, kemudian ada kontak WA bernama Putri Candrawathi dan seterusnya," ucap Adi.

"Di dalam ada terdakwa ini lima orang?" tanya jaksa.

"Iya," jawab Adi.

"Ada percakapan?" ujar Jaksa.

"Sudah tidak ada," tutur Adi.

"Terdeteksi nggak kapan dibikin?" tanya jaksa.

"Grup ini dibuat pada tanggal 11/7/2022 oleh akun WA dengan nama Ricky Wibowo," jelas Adi.

Adi menyebut Bharada Richard Eliezer berada di grup tersebut tidak lebih dari satu hari. Eliezer dikeluarkan 3 jam setelah bergabung di grup.

"Kalau di sini hanya rentang waktu singkat aku WA atas nama Richard masuk ke dalam grup tersebut tidak lebih dari satu hari. Dia di-add pada jam 05.00 pagi tanggal 11 (Juli) kemudian di-remove dari grup tersebut pada jam 08.00 pagi tanggal 11. Jadi nggak sampai 1 hari," ujar Adi.

"Di dalam grup Duren Tiga itu berapa orang?" tanya jaksa.

"Lebih dari tujuh," jawab Adi.

"Ada Sambo di dalamnya?" tanya jaksa.

"Kontak WA atas nama Irjen Ferdy Sambo," tutur Adi.

"Ada Putri Candrawathi di dalamnya?" tanya jaksa.

"Kontak WA atas nama Putri Candrawathi," katanya.

Simak penjelasan soal temuan kontak bernama 'Tuhan Yesus' di halaman selanjutnya.

Ada Kontak Atas Nama 'Tuhan Yesus'


Adi Setya juga mengungkap siapa saja anggota grup WhatsApp 'Duren Tiga' itu. Salah satu kontak di grup WhatsApp itu bernama 'Tuhan Yesus'.

Hal itu disampaikan Adi saat menjawab pertanyaan yang diajukan pengacara Ricky Rizal. Adi ditanya soal siapa saja anggota di grup tersebut.

"Tadi ahli jelaskan ada grup WhatsApp Duren Tiga. Siapa saja yang ada di dalam grup WhatsApp itu?" tanya pengacara Ricky Rizal di dalam persidangan.

"Anggota grup WhatsApp bernama Duren Tiga yang pertama kontak WhatsApp atas nama Richard, yang kedua kontak WhatsApp atas nama Ricky Wibowo, yang ketiga kontak WhatsApp atas nama Damson, yang berikutnya kontak WhatsApp atas nama Daden," jawab Adi.

Adi terus menyebutkan daftar kontak yang menjadi anggota grup WhatsApp Duren Tiga. Salah satunya, kata Adi, adalah kontak atas nama 'Tuhan Yesus'.

"Kontak WhatsApp atas nama Irjen Ferdy Sambo, kemudian kontak WhatsApp atas nama Putri Candrawathi, kemudian kontak WhatsApp atas nama Diryanto, kemudian kontak WhatsApp nama Om Kuat, kemudian kontak WhatsApp atas nama SMD, kontak WhatsApp atas nama Tuhan Yesus, kemudian kontak WhatsApp nama Alfanzu, kemudian kontak WhatsApp nama Sadam, berikutnya kontak WhatsApp atas nama Gusti Sejati. Berikutnya kontak WhatsApp atas nama Prayogi Iktara, kontak WhatsApp atas nama AR 19 dan yang terakhir kontak WhatsApp atas nama WTK46," ungkap Adi.

Namun, Adi tak menjelaskan siapa sebenarnya kontak bernama 'Tuhan Yesus' itu. Pengacara Ricky lalu bertanya dari mana data itu didapat.

"Ahli transkrip dari handphone siapa saja? Saudara FS kah?" tanya pengacara Ricky.

"Barang bukti nomor 2850/STP dengan nama Richard," jawab Adi.

Eliezer Ngaku Tak Tahu Siapa Kontak Bernama 'Tuhan Yesus'


Pengacara Eliezer, Ronny Talapessy, mengatakan kliennya tidak mengetahui siapa kontak bernama 'Tuhan Yesus' itu. Dia menyebut Eliezer tak memperhatikan siapa saja anggota grup itu.

"Dia nggak tahu, dia sudah nggak perhatiin," kata Ronny Talapessy saat ditanya soal siapa kontak bernama 'Tuhan Yesus' di WAG Duren Tiga itu.

Ronny mengantakan grup itu dibuat setelah adanya Ricky Rizal, Richard Eliezer dan Kuat Ma'ruf mengganti HP. Namun, katanya, Eliezer cuma sebentar berada di dalam grup tersebut.

"Itu kan ganti handphone. Kan ada ganti handphone tanggal 10 (Juli) jadi nyambung. Kan setelah ganti handphone tanggal 10 baru dibikin grup dan yang bikin grup itu Rikcy Rizal," jelas Ronny.

"Masalah isi grup WhatsApp itu kan Eliezer tidak sampai sehari. Tapi yang kita tanyakan itu terkait SOP aja kalau ada tamu tolong perhatikan. Terkait dengan SOP ajudan aja," sambungnya.

Baca artikel detiknews, "Tanda Tanya Kontak 'Tuhan Yesus' di WA Grup Duren Tiga Sambo Cs" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6470792/tanda-tanya-kontak-tuhan-yesus-di-wa-grup-duren-tiga-sambo-cs.

Ferdy Sambo Kadiv Propam Polri Brigadir J Irjen FS Bharada e Kamaruddin Simanjuntak Grup WhatsApp Viral Brigadir Yosua Richard Ricky


Loading...