Sukses Jadi Pahlawan Kemenangan Argentina, Ini Profil Kiper Emiliano Martinez

Sukses Jadi Pahlawan Kemenangan Argentina, Ini Profil Kiper Emiliano Martinez
(Bola Kompas : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Senin, 19 Desember 2022 13:06 WIB

Terasjabar.id -- Timnas Argentina meraih gelar juara dunia ketiga setelah mengalahkan Perancis dengan skor 4-2 pada babak adu penalti setelah di waktu normal dan babak tambahan waktu bermain imbang 3-3. Salah satu aktor kemenangan yang disorot dalam kemenangan Argentina yakni sang kiper Emiliano Martinez. Kiper yang saat ini membela Sevilla tersebut menggagalkan penalti Coman dan Tchouameni.

Lalu, bagaimana perjalanan karir Emiliano Martinez hingga sukses menjadi pahlawan kemenangan Argentina? Berikut ini adalah profil dari sang kiper tim berjuluk Albicelste, Emiliano Martinez:


1. Awal karir Emiliano Martinez sebagai pesepakbola

Martinez lahir di Mar de Plata, Argentina pada 2 September 1992. Martinez memulai karir sepakbolanya pada umur 16 tahun dengan bergabung di akademi Independiente. 2 tahun berselang, Martinez menerima kontrak untuk bergabung di tim muda Arsenal setelah sukses menjalani masa uji coba. Pada 2012, Martinez akhirnya dipromosikan ke tim utama Arsenal untuk berlaga di Premier League.

2. Jarang tampil bersama Arsenal

Namun, karir Martinez di Arsenal kurang berjalan lancar. Martinez lebih sering dicadangkan karena posisi kiper utama masih dipegang oleh Wojciech Szczesny. Kurang mendapatkan menit bermain membuat Martinez dipinjamkan ke beberapa klub seperti Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers, Getafe, dan Reading.

Walau sering dipinjamkan dan kurang menit bermain, Martinez tetap berperan di beberapa laga penting Arsenal seperti kala mengalahkan Anderlecht dengan skor 2-1 dan mencetak clean-sheet alias tak kebobolan saat menang 2-0 atas Dortmund di fase grup Liga Champions 2014/2015.

Selama 8 musim membela Arsenal terhitung mulai dari 2012 hingga 2020, Martinez hanya tampil di 15 laga. Walau jarang dimainkan, Martinez mengakhiri masa bakti di Arsenal secara manis dengan mempersembahkan gelar Piala FA 2019/20 dan Community Shield 2020.

3. Menemukan sinarnya bersama Aston Villa

Dilansir standard.co.uk, Emiliano Martinez kemudian berlabuh di Aston Villa pada musim 2020/21 dengan mahar sebesar 20 juta Euro. Martinez melakukan debut pada 21 September 2020 saat Aston Villa menang 1-0 atas Sheffield United. Dengan penampilan impresif di laga debutnya, Martinez hingga saat ini dipercaya sebagai kiper utama Aston Villa. Total sudah 86 penampilan Martinez bukukan bagi The Villans.

4. Meneruskan performa impresif bersama timnas Argentina

Berbicara tentang karir bersama timnas Argentina, Martinez menerima panggilan timnas pertama pada Juni 2011 namun urung mendapat kesempatan bermain. Setelah itu, Martinez lama tak ditunjuk untuk mewakili Argentina.

Baru pada Juni 2021, Martinez akhirnya memperoleh debut saat bermain imbang 1-1 melawan Chile di kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Nama Martinez akhirnya semakin dikenal berkat penyelatannya di babak adu penalti saat menang 3-2 atas Kolombia. Perjalanan Martinez dan Argentina di ajang Copa America berakhir manis dengan sukses menjadi juara setelah mengalahkan Brazil dengan skor 1-0.

Tidak perlu menunggu lama bagi Martinez untuk mempersembahkan gelar kedua bagi Argentina. Tampil sebagai kiper pertama melawan Italia di Finalissima, Martinez sukses mencegah Italia mencetak gol sehingga Argentina menang dengan skor telak 3-0.

5. Tampil gemilang dalam keberhasilan Argentina menjadi juara dunia

Emiliano Martinez kembali berperan penting dalam keberhasilan Argentina menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022. Dua kali sudah Martinez tampil gemilang di babak adu penalti. Pertama saat menggagalkan penalti Van Dijk dan Berghuis sehingga Argentina menang 4-3 atas Belanda.

Kemudian yang kedua kala mengalahkan Perancis lewat babak tos-tosan dengan skor 4-2 di final Piala Dunia 2022. Martinez berhasil menepis tembakan dari Coman dan membuat Tchouameni melakukan tembakan yang melebar. Selain menjadi juara Piala Dunia bareng Argentina, Martinez juga memperoleh gelar penjaga gawang terbaik di turnamen tersebut.

Nah itu tadi adalah profil dari Emiliano Martinez. Penjaga gawang Argentina yang jadi pahlawan dalam keberhasilan Argentina merengkuh gelar juara dunia ketiganya.

Disadur dari Suara.com 

Timnas Argentina Perancis Emiliano Martinez Piala Dunia 2022


Loading...