Berikut Beberapa Akibat Buruk Kalau Kamu Kebanyakan Tidur

Berikut Beberapa Akibat Buruk Kalau Kamu Kebanyakan Tidur
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 19 Desember 2022 12:48 WIB

Terasjabar.id -- Banyak orang membahas perihal betapa berbahayanya tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hal ini karena banyaknya keluhan insomnia yang dialami oleh orang-orang. Tanpa kita sadari, ternyata banyak juga orang yang justru menghabiskan waktu terlalu lama untuk tidur. Penyebab orang yang kebanyakan tidur pun tak kalah beragam dengan penyebab terjadinya insomnia.

Biasanya seseorang akan tidur sangat lama dan melebihi  waktu normalnya untuk mengganti jatah tidur yang terenggut di malam-malam sebelumnya. Selain itu, para penderita stres, anxiety, dan depresi pun banyak yang memilih untuk tidur lebih lama karena merasa terlalu lelah menghadapi dunia nyata.


Tahukah kamu kalau akibat dari kebanyakan tidur ini sangat berbahaya? Simak tiga akibat tersebut yang dikutip dari sleepfoundation.org di bawah ini!

1. Menurunkan Fungsi Imunitas Tubuh

Sistem imun dalam tubuh kita akan selalu berfungsi dengan baik kalau kita menjaganya dengan baik juga. Cara menjaga sistem imun itu sendiri adalah dengan menjaga gaya hidup, pola makan, dan jadwal tidur kita agar tetap sehat dan sesuai dengan porsinya.

Seperti yang umum diketahui, waktu tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah selama 5-8 jam setiap hari. Kalau kita tidur lebih lama dari waktu tersebut, imunitas tubuh tentu tidak akan berfungsi dengan baik dan kita akan lebih mudah terserang penyakit.

2. Obesitas

Ketika seseorang tidur lebih lama, biasanya mereka akan memiliki motivasi yang lebih rendah untuk menjadi produktif. Mereka yang tidur selama 9-10 jam setiap harinya dinilai lebih berpotensi menjadi gemuk. Hal ini karena biasanya orang yang tidak memiliki semangat untuk jadi produktif akan cenderung bermalas-malasan dan jarang menggerakan tubuh mereka.

3. Sering Alami Gangguan Mental

Banyak yang mengatakan kalau tidur berlebihan adalah salah satu pertanda kalau seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Padahal nyatanya, tidur berlebihan bisa jadi salah satu penyebab terjadinya gangguan mental pada seseorang.

Penderita depresi sering tidur berlebihan, karena hal itu, depresi yang dideritanya akan berlangsung semakin parah. Orang dengan gangguan mental apapun perlu tidur dengan waktu yang cukup dan normal untuk bisa pulih.

Itulah tiga akibat buruk yang kemungkinan bisa menjadi fatal kalau kamu sering tidur berlebihan. Jangan biarkan kebiasaan buruk itu dan mulai perbaiki gaya hidupmu sekarang juga!

Disadur dari Suara.com 

Tidur Waktu Imunitas Tubuh


Loading...