Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengatasi Belek pada Mata Anak Kucing

Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengatasi Belek pada Mata Anak Kucing
Ilustrasi (POPBELA.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 17 Desember 2022 15:14 WIB

Terasjabar.id -- Belek mata merupakan kondisi yang wajar, namun jika belek mata terlalu banyak, maka bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan. Meski tidak menutup kemungkinan bagi kucing dewasa untuk mengalami mata belekan, namun anak kucing lebih rentan mengalami mata belekan karena masih dalam masa pertumbuhan yang belum optimal.

Anak kucing yang mengalami masalah pada mata biasanya ditandai dengan kucing yang selalu menggosok-gosok matanya, menyipitkan mata, atau berkedip berlebihan. Pada beberapa kondisi, belek mata pada anak kucing bisa menjadi tanda gangguan kesehatan tertentu. Simak 3 hal yang perlu diperhatikan saat mengatasi belek pada mata anak kucing berikut ini.


1. Menyiapkan Perlengkapan yang Bersih

Untuk mengatasi belek pada mata anak kucing, pastikan tangan dan peralatan yang kamu gunakan dalam keadaan bersih. Siapkan air hangat yang sudah disterilkan, handuk bersih atau bola kapas. Gunakan bola kapas yang baru untuk masing-masing mata supaya kotoran dan kuman tidak berpindah dari satu mata ke mata lainnya.

Membersihkan belek mata pada anak kucing dengan cara membasahi bola kapas dengan air hangat suam-suam kuku, kemudian dengan perlahan membersihkan area mata yang belek. Mulailah membersihkan dari sudut dalam mata kucing ke luar mata supaya menghilangkan belek mata dengan lebih efektif.

Penggunaan kompres hangat di atas mata juga dapat dilakukan jika mata kucing bengkak dan nyeri. Penggunaan air hangat dimaksudkan agar anak kucing tidak terkejut dengan air suhu dingin serta agar mengurangi iritasi pada mata. 

2. Hindari Menggunakan Obat Tetes Mata Asal-Asalan

Penting untuk mengetahui penyebab mata belek yang dialami anak kucing, karena ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab mata belek pada anak kucing. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab belek mata diantaranya yaitu infeksi saluran pernapasan, konjungtivitis, uveitis, dan lainnya. Maka dari itu, pemberian obat tetes yang sesuai sangat dianjurkan.

Pemberian obat tetes yang dijual bebas pada anak kucing bukan langkah yang tepat untuk dilakukan, kecuali dokter hewan secara khusus menginstruksikan kamu untuk melakukannya. Penting untuk diingat, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk penanganan yang tepat. Karena masalah pada mata dapat dengan cepat menyebabkan rasa sakit pada kucing dan penanganan yang salah dapat mengakibatkan kerusakan mata yang tidak dapat diperbaiki.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Anak Kucing

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata kucing adalah dengan menjaga sistem kekebalannya tetap kuat. Sebagian besar masalah mata kucing terkait dengan virus herpes, dan dengan sistem kekebalan yang kuat akan mencegah atau meminimalkan masalah kesehatan mereka. Memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya juga dapat menghindari kucing peliharaan dari sakit mata. 

Itu dia 3 hal yang perlu diperhatikan saat mengatasi belek pada mata anak kucing. Selamat mempraktekkannya di rumah!

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Belek Kucing Mengatasi


Loading...