Avatar: The Way of Water Tayang Menggunakan Format HFR, Tampilan Makin Realistis ?

Avatar: The Way of Water Tayang Menggunakan Format HFR, Tampilan Makin Realistis ?
Avatar 2: The Way of Water
Editor: Malda Life Style —Kamis, 15 Desember 2022 15:22 WIB

Terasjabar.id - Avatar: The Way of Water Tayang Menggunakan Format HFR, Tampilan Makin Realistis ? 

Avatar: The Way of Water sudah tayang di seluruh bioskop di Tanah Air. Film Avatar 2 tayang menggunakan format HFR, apa itu?
HFR merupakan kependekan dari High Frame Rate. Frame rate sendiri merupakan seberapa banyak frame yang ditampilkan dalam satu detik dari sebuah film, acara TV, atau video game.

Dilansir Mashable, selama sekitar satu abad terakhir dari film bioskop diproyeksikan dalam 24 frame per detik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa film telah memutuskan untuk sedikit bereksperimen dengan format yang ditingkatkan.

Trilogi The Hobbit karya Peter Jackson dan Gemini Man karya Ang Lee, keduanya menawarkan pemutaran HFR (jauh lebih tinggi dari 24fps) selama pertunjukan teatrikal mereka. Seperti yang bisa Anda lihat di klip Gemini Mandi bawah ini, gambar menampilkan tekstur visual yang lebih "realistis". Semuanya sangat mulus, seolah-olah para aktor ada di dalam ruangan bersama Anda.


Hanya saja banyak orang tidak menyukai HFR, karena berbagai alasan. Pertama, kebanyakan orang tidak terbiasa. Kedua, dan mungkin yang lebih penting, menonton sesuatu pada 120fps (dalam kasus Gemini Man ) di layar besar bisa tidak nyaman. Konon, implementasi HFR Avatar: The Way of Water mungkin sedikit lebih enak.

James Cameron, sutradara Avatar, dalam sejumlah interview menjelaskan bagaimana The Way of Water akan mengadopsi HFR. Bagian tertentu dari film akan diproyeksikan pada 24fps biasa dan bagian lain pada 48fps. Namun efek ini tidak akan dirasakan pada format 2D.

"Satu hal yang akan saya katakan secara pasti adalah bahwa 48 frame tidak banyak menguntungkan film 2D, jika sama sekali," kata Cameron kepada Yahoo News . "Ini benar-benar tentang membuat pengalaman yang lebih baik dalam 3D."

Cameron menerangkan pemandangan di bawah air akan diproyeksikan pada 48fps. Demikian pula pemandangan terbang dan bidikan luar ruangan lainnya. Namun ditegaskannya semua aksi bawah air adalah tempat paling sering penonton melihat HFR.

Cameron mengakui bahwa menggunakan HFR untuk adegan lain yang lebih biasa bukanlah ide yang bagus.

"Jika hanya orang yang duduk-duduk sambil berbicara atau berjalan dan berbicara, gambar yang berkembang relatif lambat, itu tidak perlu," katanya kepada Yahoo News. "Jadi triknya adalah mencari tahu di mana menggunakannya dan di mana tidak menggunakannya."

Sederhananya, jika para Na'vi itu ada di darat, semuanya akan ditampilkan seperti biasa. Jika mereka menyelam di samudra Pandora, bersiaplah untuk aksi mulus yang mencengangkan.

Baca artikel detikinet, "Avatar 2 The Way of Water Tayang dengan Format HFR, Apa Itu?" selengkapnya https://inet.detik.com/cyberlife/d-6462601/avatar-2-the-way-of-water-tayang-dengan-format-hfr-apa-itu.


Avatar The Way Of the Water Film Baru Desember 2022 Durasi Film Avatar Fakta Film Avatar 2 Sinopsis Avatar Sekuel Film HFR High Frame Rate Viral


Loading...