Heboh Kabar Dokter internsip Digaji Hanya Rp 1 Juta, Apa Itu Internsip ?

Heboh Kabar Dokter internsip Digaji Hanya Rp 1 Juta, Apa Itu Internsip ?
Dunia Tempo.co
Editor: Malda Hot News —Kamis, 15 Desember 2022 14:08 WIB

Terasjabar.id - Heboh Kabar Dokter internsip Digaji Hanya Rp 1 Juta, Apa Itu Internsip ? 

Heboh Kabar Dokter internsip Digaji Hanya Rp 1 Juta, Apa Itu Internsip ? 

Viral di media sosial dokter protes terkait besaran bantuan biaya hidup di program internship 2023 mendatang. Dari informasi yang beredar, jumlah bantuan yang diberikan hanya berkisar Rp 1,1 juta.
Bahkan angka tersebut dianggap sangat jauh di bawah standar dan menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tak sedikit juga yang menyinggung program dokter spesialis yang di Indonesia tak bergaji sama sekali.

"Masa iya risiko tinggi, tekanan tinggi, tanggung jawab penuh, gaji Rp 1,1 juta?" tulis salah satu pengguna Twitter @*qb***jhy

Dikutip dari laman Kemenkes, internsip adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Terkait hal ini, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) Siti Nadia Tarmizi belum berkomentar banyak soal turunnya 'gaji' dokter internship di wilayah perkotaan. Ia masih akan membahas persoalan tersebut dengan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan.

"Masih kami cek dan bicarakan dengan unit terkait ya," demikian balas dr Nadia melalui pesan singkat kepada detikcom Kamis (15/12/2022).

Dalam tangkapan layar yang beredar, besaran bantuan hidup per bulan bagi dokter internship di Ibukota Provinsi seperti Batam, Bogor, Depok, dan Bekasi berkisar Rp 1,1 juta. Sementara itu untuk daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan besaran bantuan hidup berkisar 6,4 juta.

Baca artikel detikHealth, "Ribut-ribut Kemenkes 'Gaji' Dokter Internship Cuma Sejuta" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6462567/ribut-ribut-kemenkes-gaji-dokter-internship-cuma-sejuta.


Viral Medsos Dokter Internsip Gaji Dokter Viral Siti Nadia Tarmizi Kemenkes


Loading...